Meskipun saat puasa tidur adalah ibadah, namun tidur terlalu lama di siang hari tentu bukan hal yang bijak. Telebih bagi kita yang kerja di siang hari. Berikut tips mengatasi ngantuk saat puasa.

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Tips mengatasi ngantuk saat puasa – Pergantian pola tidur pada orang yang berpuasa bikin jumlah jam tidurnya sedikit berkurang lantaran mesti bangun lebihawal untuk sahur.

Namun ini sesungguhnya dapat diakali dengan tak tidur sampai larut malam atau tidur terlalu malam. Badan akan mulai sesuaikan irama tidur sepanjang puasa.

Namun sebenarnya penyebab mengantuk saat puasa bukanlah karena kurang tidur semata. Perasaan mengantuk yang sampai tak tertahankan saat di kantor juga karena disebakan berkurangnya kandungan glukosa dalam darah.

Berkurangnya glukosa dalam darah ini bikin otak susah berkonsentrasi. Otak memperoleh daya berbentuk glukosa, hingga bila aliran glukosa ke jaringan otak tak terpenuhi bakal memengaruhi kemampuan dari otak. Otak konsumsi 60 % konsumsi glukosa badan.

Karena sumber energi yang diperoleh dari makanan berkurang, hati bakal keluarkan cadangan glikogen yang disimpan untuk menolong memberi daya untuk badan hingga otak serta system badan yang lain agar dapat bekerja optimal.

Bila cadangan energi di badan kurang untuk memberi daya penambahan dalam lakukan aktivitas keseharian, jadi badan bakal terasa lemas serta berlangsung penurunan kandungan gula darah, keadaan ini dapat mengakibatkan seorang terasa kantuk.

Untuk mengatasi ngantuk di siang hari waktu puasa Ramadhan, di bawah ini 4 hal yang dapat Anda kerjakan waktu makan sahur.

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Penuhi Keperluan Zat Besi Tubuh

Untuk mengatasi ngantuk, asupan zat besi sangatlah penting. Sumber zat besi ini dapat kita peroleh dari konsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kangkung, serta daun katuk.

Konsumsi Gizi yang Seimbang

Untuk mengatasi nagntuk saat puasa, konsumsi buah serta sayur yang kaya vitamin C sangatlah dianjurkan. Ini karena sangat efektif dalam membantu penyerapan zat besi oleh badan.

Anda dapat memperoleh vitamin C dari konsumsi buah kiwi, jambu biji, pepaya, jeruk, mangga, atau dapat pula dari nanas.

Memperbanyak Minum Air Putih

Minum sekurang-kurangnya delapan gelas sepanjang jeda buka puasa sampai sahur cukup untuk menolong badandari kekurangan cairan atau dehidrasi, hingga badan fresh sepanjang beribadah puasa.

Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks Waktu Sahur

Sebagian makanan sumber karbohidrat kompleks dapat Anda peroleh dari makanan pokok seperti nasi, gandum, jagung, singkong, dan lainnya. Lantaran karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah jadi gula darah hingga begitu menolong metabolisme daya badan.

Itulah beberapa tips mengatasi ngantuk saat puasa. Karena meskipun saat puasa tidur adalah ibadah, namun beraktifitas yang produktif tentunya akan bernilai lebih baik dari sekedar tidur seharian.

Semoga bermanfaat ya Herbalers.

(Visited 51 times, 1 visits today)