Saat suhu udara panas seperti sekarang ini, biang keringat menjadi masalah paling menyebalkan bagi kita yang memiliki anak balita. Berikut ini cara mengatasi biang keringat dengan cepat.

Tips Mengatasi Biang Keringat Dengan Cepat

Tips mengatasi biang keringat dengan cepat – Akhir-akhir ini suhu udara di sebagian besar wilayah Indonesia sedang panas sekali. Ini karena memang posisi matahari yang sedang tepat di atas wilayah kita.

Dampak dari suhu udara yang tinggi adalah kita sering merasa kepanasan dan selalu berkeringat. Keluarnya keringat yang berlebih sangat rentan terjadi iritasi, terutama pada balita atau bayi.

Bayi yang aktif dan belum bisa tengkurap atau memiringkan tubuh adalah yang sangat tersiksa karena panasnya suhu udara. Bagian punggung atau lipatan tubuh ynag selalu berkeringat akan sangat rentan terkena biang beringat.

Biang keringat atau sebagian orang jawa bilang “kringet buntet” sangat menganggu kenyamanan bayi. Selain rasanya yang gatal, penampilan kulit anak kita juga menjadi kemerahan yang merusak penampilannya.

Untuk mengatasi biang keringat biasanya kita menggunakan bedak atau lotion, namun penggunaan bedak justru dapat menjadi media untuk menyebarkan biang keringat. Bisa jadi satu bagian tubuh sembuh namun tumbuh lagi di bagian yang lain.

Bagi Anda yang memiliki masalah biang keringat pada balita seperti di atas. Mulai sekarang munkin bisa mencoba sebuah tips yang kita kutip dari halaman bacabagikan.blogspot.co.id di bawah ini.

Tips Mengatasi Biang Keringat Dengan Cepat

Tips ini berdasarkan pengalaman seorang ibu muda yang mengeluh anaknya terkena biang keringat lalu sang mertua membaluri badan cucunya dengan air teh hijau yang dicampur garam. Tidak sampai sehari, biang keringat juga lenyap.

Apakah yang mengakibatkan biang keringat pada anak kecil ini bisa lenyap kurun waktu yang begitu singkat? Mari kita baca caranya.

Khasiat Garam dan Teh Hijau

Seperti yang kerap di ketahui, teh hijau mempunyai manfaat melemahkan, terlebih dalam hadapi patogen, kuman penyakit, ia dapat segera membunuhnya. Teh hijau juga efektif untuk meredakan radang dan melawan kuman penyakit.

Sedangkan Natrium Klorida atau garam bermanfaat untuk turunkan panas, detoxifikasi, membunuh kuman serta meredakan radang. Manfaat ini sering kita temui waktu orang yang mengalami masalah kulit dapat sembuh setelah mandi di pantai.

Dengan mengkombinasikan teh hijau dan gamaram, maka ini akan sangat efektif untuk membunuh kuman pada biang keringat, selain itu ini bisa pula meredakan bengkak merah dan gatal-gatal yang diakibatkan oleh biang keringat.

Dalam usaha mencegah supaya tidak terkena biang keringat, kita dapat memandikan buah hati dengan air yang telah dicampur teh hijau serta garam. Selain untuk mencegah biang keringat, ini juga sangat baik untuk perawatan kulit supaya tetap sehat dan lembut.

Cara Membuat Air Teh Hijau dan Garam

Campur teh hijau dengan garam dengan perbandingan 10 banding 1. Misalnya, 30g teh hijau diseduh berbarengan 3g garam dapur.

Bisa memakai air mendidih terlebih dulu untuk menyeduh teh lalu barulah masukan garam. Atau, bisa pula didihkan air berbarengan dengan teh hijau, baru masukan garam dan dinginkan.

Lalu pakai handuk bersih, celupkan pada campuram air garam teh hijau ini serta lap badan yang terkena biang keringat. Atau bisa pula membersihkan semua badan/mandi sepanjang 10menit memakai air garam teh ini lalu basuh memakai air bersih.

Penting:

Suhu air garam teh hijau ketika mandi sebaiknya hangat/suam-suam kuku. Bila menggunakan air dingin, pori-pori kulit dan pembuluh darah anak bakal mengkerut, pori-pori keringat bakal terkatup hingga air keringat tidak bisa keluar, mengakibatkan biang keringat jadi lebih kronis. Dan jika suhu air terlalu panas, kulit bakal terstimulasi, mengakibatkan biang keringat akan jadi tambah banyak.

Sesudah mandi, baiknya janganlah membaluri badan anak dengan bedak supaya menghindar tercampurnya bedak dengan bekas air pada permukaan kulit hingga menyumbat pori-pori.

Lantaran kondisi tubuh tiap-tiap anak berbeda, untuk sebagian anak cuma dibutuhkan waktu sehari, namun ada juga yang sampai satu minggu baru tampak khasiatnya. Saat menyembuhkan biang keringat, sangat dianjurkan untuk segera membersihkan keringat sampai kering untuk menghindarkan munculnya biang keringat yang baru.

(Visited 377 times, 1 visits today)