Tips Mencegah Preeklampsia saat HamilTips Mencegah Preeklampsia saat Hamil – Sepanjang masa kehamilan, kesehatan kita rawan alami masalah dari mulai masalah yang enteng hingga yang membahayakan keselamatan kita serta janin dalam kandungan kita.

Tips Mencegah Preeklampsia saat Hamil

Salah satu masalah kesehatan yang sangatlah butuh kita cermati sepanjang masa kehamilan yaitu preeklampsia. Seperti dikutip dari halaman babycenter.com, preeklampsia adalah pemicu kematian ke-2 paling besar pada kehamilan didunia.

Kematian biasanya berlangsung disebabkan keterlambatan tindakan dan ketidaktahuan ibu tentang preeklampsia.

Preeklampsia yaitu tanda-tanda terjadinya hipertensi pada saat kehamilan yang ditandai dengan 3 tanda-tanda khas, yaitu naiknya tensi darah diatas 140/90 mmHG, pembengkakan anggota badan, serta ada kandungan protein didalam air seni ibu.

Tingginya tensi darah akan menyebabkan mengecilnya pembuluh darah di uterus yang berperan berikan janin oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Ini akan mengakibatkan, petumbuhan bayi juga terhalang.

Kehamilan ganda, obesitas, riwayat darah tinggi, diabetes, atau kelainan ginjal, serta kehamilan pada saat remaja atau diatas 40 th. adalah faktor yang bisa tingkatkan resiko preeklampsia.

Untuk lebih mewaspadai preeklampsia, ada beberapa tanda yang perlu kita ketahui. Di antaranya; penambahan berat tubuh dengan cepat, sakit kepala, pandangan kabur, dan timbul rasa nyeri di perut.

Apabil Anda mengalami hal seperti itu, cepatlah konsultasikan kepada bidan atau  dokter kandungan supaya sesegera mungkin Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk mencegah preeklampsia, selain harus memenuhi kebutuhan kalsium kita juga harus rajin jalan kaki, minum multivitamin dan asam folat.

Itulah begitu pentingnya kalsium bagi ibu hamil dan janin. Selain untuk mencegah preeklampsia sepeti telah disebutkan tadi, manfaat kalsium juga sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan tulang janin dan mencegah osteoporosis bagi Ibu.

(Visited 47 times, 1 visits today)