Sering kita dengar di berbagai media mengenai ajakan membawa anak kita ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi polio saat Pekan Imunisasi Nasional. Sebenarnya apa sih imunisasi polio itu?

Imunisasi Polio

Sudah tahukah Anda apa itu imunisasi polio? – Akhir-akhir ini kita sering mendengar berita yang menyerukan imunisasi polio untuk anak. Lantas, apakah anda betul-betul sudah mengetahui tipe imunisasi yang satu ini?

Nah, supaya tidak salah kaprah mengenai imunisasi polio, berikut ini penjelasan mengenai imunisasi polio yang diselenggarakan pada Pekan Imunisasi Nasional seperti dikutip dari halaman merdeka.com.

Sudah Tahukah Anda Apa Itu Imunisasi Polio?

Pengertian Polio

Polio atau poliomyelitis yaitu penyakit yang dikarenakan oleh virus polio. Awal mulanya, virus ini bakal menginfeksi usus. Sayangnya, virus ini tidak cuma tinggal diam dalam usus. Virus ini lakukan perjalanan ke system saraf serta mengakibatkan penyakit yang mirip meningitis.

Bahayanya, virus ini bisa menyebabkan kerusakan pada saraf. Bahkan juga sering mengakibatkan kelumpuhan lengan atau kaki. Pada penyakit yang serius bisa menganggu pernafasan, serta bahkan juga pada sebagian orang bisa mengakibatkan kematian.

Pengertian Vaksin

Vaksin polio umumnya adalah paduan dari DTaP/IPV (polio) /Hib injeksi. Ini merupakan singkatan dari difteri, tetanus, pertusis (batuk rejan) /polio/Haemophilus influenzae type b’, sebagai program imunisasi teratur.

Untuk orang dewasa serta remaja yang diimunisasi polio umumnya vaksin paduan pada Td/IPV (polio) tetanus, serta difteri/polio.

Vaksin bakal merangsang badan untuk membuat antibodi pada virus polio. Antibodi ini bakal membuat perlindungan badan dari ancaman beragam penyakit yang dipicu oleh virus itu. Bahkan juga vaksin aman untuk diberikan pada ibu hamil serta menyusui.

Efek Samping Imunisasi Polio

Pemberian imunisasi polio, terutama yang melalui injeksi/suntikan dapat menimbulkan pembengkakan, kemerahan ditempat suntikan. Biasanya beberapa jam setelah disuntik bayi atau balita akan mengalami demam. Namun jangan khawatir ya Herbaler, karena setelah satu atau dua hari demam pun akan sembuh dengan sendirinya.

Itulah beberapa hal mengenai imunisasi polio yang perlu kita ketahui. Mengingat begitu pentingnya bagi kesehatan anak, jangan lewatkan Pekan Imunisasi Nasional minggu ini ya Herbalers.

(Visited 56 times, 1 visits today)