Penyebab Sakit Punggung Saat HamilPenyebab sakit punggung saat hamil – Saat hamil, banyak ibu yang rasakan sakit pada punggungnya. Keluhan itu kerapkali bikin ibu hamil tidak bisa nikmati proses kehamilannya.

Sakit punggung memanglah suatu hal yang lumrah dihadapi waktu hamil. Umumnya sakit punggung saat hamil mulai dirasakan pada trimester ke-2 serta ketiga. Anda mungkin saja juga rasakan hal semacam ini.

Waktu punggung merasa sakit, Anda tak perlu cemas. Nyeri punggung saat hamil biasanya dikarenakan oleh perubahan pada diri Anda. Berikut ini beberapa penyebab sakit punggung saat hamil yang perlu kita tahu:

Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil

Berat Badan

Pada saat hamil, seorang wanita umumnya bakal alami pertambahan berat badan 10 sampai 15 kg dari berat badan sebelumnya. Pertambahan berat badan yang begitu besar dalam waktu singkat inilah yang membuat tulang belakang sebagai penopang tubuh sangat terbebani.

 Perihal ini pula yang mengakibatkan sakit punggung saat hamil. Di samping itu berat janin juga memberi desakan pada pembuluh darah serta saraf pada panggul serta punggung.

Postur Tubuh

Saat hamil, bentuk tubuhnya pastilah akan mengalami perubahan. Berat badan yang semakin bertambah ditambah lagi janin yang semakin membesar, membuat tubuh kita harus menyesuaikan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Ini pula menjadi salah satu faktor penyebab sakit punggung saat hamil yang perlu Anda perhatikan.

Hormon

Saat hamil badan Anda bakal menghasilkan hormon relaksin yang bikin ligamen pada panggul jadi relaks serta sendi jadi lebih longgar dalam usaha untuk menyiapkan sistem melahirkan.

Tetapi di waktu yang berbarengan, hormon relaksin dapat juga bikin ligamen yang menyokong tulang belakang jadi longgar, hingga mengakibatkan rasa nyeri.

Stres

Stres atau keadaan emosional yang lain bisa bikin desakan pada otot di punggung Anda. Pergantian hormon yang berlangsung waktu hamil memanglah kerapkali bikin keadaan emosional ibu hamil tak menentu. Hal semacam ini bisa juga menjadi penyebab sakit punggung saat hamil

Rahim

Makin besar umur kehamilan Anda, bentuk rahim akan makin luas. Pelebaran rahim ini bakal meletakkan beban yang semakin besar pada ligamen serta otot di bagian belakang badan Anda.

Itulah beberapa penyebab sakit punggung saat hamil yang perlu kita tahu. Dengan semakin bertambahnya beban tulang punggung dan panggul kita, ditambah lagi kebutuhan kalsium janin dalam kandungan, maka sangat dianjurkan kita untuk menambah asupan kalsium baik dari makanan yang kita konsumsi atau suplemen tambahan dari dokter atau bidan Anda.

Selamat atas kehamilannya ya Herbaler.

(Visited 52 times, 1 visits today)