Kematian ibu saat melahirkan masih menjadi momok paling ditakutkan oleh setiap ibu yang akan melahirkan. Apa sih penyebab kematian saat melahirkan?

Ilustrasi Kematian Saat Melahirkan
Ilustrasi Kematian Saat Melahirkan

Awas…! Inilah penyebab kematian saat melahirkan – Berdasarkan data yang ada, angka kematian saat melahirkan sampai saat ini masih cukup tinggi, serta belum tampak alami penurunan.

Tingginya angka kematian saat melahirkan menjadi tantangan bagi kita para wanita yang akan segera melewai proses itu. Oleh karenanya kita perlu tahu penyebab utama kematian saat melahirkan.

Penyebab Kematian Saat Melahirkan

Seperti diterangkan dalam halaman healthandrights.ccnmtl.columbia.edu, terjadinya komplikasi menjadi utama kematian saat melahirkan.

Di samping itu, berbagai masalah kesehatan yang dihadapi ibu sepanjang masa kehamilan juga ikut berpengaruh terhadap masalah maternal mortality ini. Apa sajakah masalah kesehatan ibu hamil yang memiliki resiko menyebabkan kematian saat melahirkan? Yuk, simak penjelasan komplitnya.

Preeclampsia

Preeclampsia adalah satu keadaan yang ditandai dengan meningkatnya tensi darah yang lalu diikuti dengan meningkatnya kandungan protein di dalam air seni ibu hamil.

Di samping meningkatnya tensi darah serta kandungan protein dalam air seni, ibu hamil yang alami preeclampsia akan alami pembengkakan pada tangan serta kakinya. Bila preeclampsia tak segera di atasi dengan baik ini dapat semakin berbahaya dan mengaibatkan eklampsia.

Tanda-tanda dari eklampsia yaitu kejang-kejang. Bila eklampsia tidak segera di atasi maka sangat berpotensi menyebabkan koma atau bahkan meninggal dunia sebelum, selama, atau setelah proses melahirkan.

Infeksi

Infeksi kehamilan sangat berbaya terhadap keselamatan ibu serta bayinya. Infeksi ini umumnya berlangsung karena air ketuban yang pecah sebelum waktunya, atau bayi yang terlalu lama tidak keluar.

Pendarahan

Terjadinya pendarahan pada saat hamil adalah masalah yang begitu beresiko. Ari-ari yang berada di bawah dan menutup jalan lahir atau ari-ari yang tertinggal di dalam setelah melahirkan umumnya yang menjadi penyebab pendarahan.

Itulah penyebab kematian saat melahirkan yang harus kita waspadai. Selain tiga penyebab itu memang masih banyak penyebab lain yang dapat menyebabkan kematian saat melahirkan. Namun tiga penyabab itulah yang paling sering terjadi pada kasus kematian saat melahirkan.

Cara paling tepat untuk menghindari terjadinya tiga hal penyebab kematian saat melahirkan di atas adalah dengan tetap menjaga pola hidup sehat serta selalu periksakan kehamilan Anda secara rutin kepada dokter atau bidan Anda.

Selamat menantikan kelahiran buah hati Anda ya Herbalers. Semoga semua prosesnya lancar & selamat semua seperti yang kita harapkan.

(Visited 74 times, 1 visits today)