Perut begah atau kembung kerap membuat kita menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas kita. Apabila dibiarkan ternyata ini juga dapat membahayakan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Begah

Perut Begah? Ini Penyebab dan Cara Penanganannya!

Apakah Anda sering merasa perut kembung dan penuh alias perut begah sehabis makan yang cukup banyak? Ini sebenarnya hal yang cukup sering terjadi dan tidak memiliki resiko. Hanya saja, seringkali begah ini menjadi tanda-tanda dari penyakit yang lebih serius lagi. Jadi waspadalah!

Perut yang terasa begah ini biasanya terjadi karena gas yang terbentuk di dalam perut saat mencerna makanan, atau ada angin yang tertelan. Begah ini biasanya terjadi di bagian usus sebelah atas atau di lambung. Jika sudah melewati batasannya, maka perut akan terasa tak nyaman, sakit, atau melilit.

Penyebab Perut Begah

Soal kenapa perut Anda bisa menjadi begah, penyebabnya ada bermacam-macam, dari yang ringan sampai cukup berat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Menelan Udara

Udara ini bisa masuk ketika Anda makan dan minum, lalu keluar lewat sendawa. Namun jika tidak, maka udara ini akan menuju ke saluran pencernaan dan keluar melalui anus alias kentut. Kalau jumlahnya normal tak masalah, tapi kalau kebanyakan, ini yang membuat begah atau perut kembung.

Karena Makanan

Makanan tertentu lebih mudah menyebabkan kembung karena tak bisa dicerna sempurna oleh tubuh. Sisa makanan tersebut diuraikan kembali dan menjadi gas yang membuat Anda merasa tak nyaman. Makanan yang beresiko ini adalah susu, sayuran (brokoli, asparagus, kol, mentimun, bawang), pemanis buatan, telur, minuman bersoda, dan gorengan.

Obat-obatan

Ada juga obat-obatan dan suplemen yang memberikan efek samping gas yang berlebih.

Kondisi Medis

Beberapa penyakit juga menyebabkan gas di usus. Contohnya celiac, alergi, lactose intolerance, maag, dan gastroparesis.

Hormon yang Berubah

Ternyata perubahan hormon juga bisa memicu gas di perut. Inilah kenapa wanita yang sedang akan menstruasi atau hamil sering merasa begah.

Cara Mengatasi Perut Begah

Bagaimana cara mengatasi perut begah tersebut? Sebenarnya sederhana saja dan tak terlalu rumit. Tergantung dari penyebabnya, cara untuk menangani begah adalah sebagai berikut:

  • Jika perut begah terjadi karena makan atau beraktivitas, hindari makan sambil berbicara, duduklah ketika makan, dan makan pelan-pelan.
  • Jika begah karena sembelit, seringlah minum dan makan makanan berserat. Lakukan juga aktivitas fisik 20-30 menit setiap hari agar kerja usus lancar.
  • Makan yang teratur dan jangan sampai terlalu banyak.
  • Hindari makanan bersantan, berlemak, bersoda, dan alkohol.
  • Sehabis makan, tunggu minimal 4 jam sebelum Anda berbaring.
  • Memastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap hari, kurang lebih 7-8 jam sehari.

Biasanya dengan Anda melakukan langkah-langkah penanganan di atas, perut begah atau kembung akan reda dengan sendirinya. Tapi hati-hatilah jika perut begah tak selesai-selesai dan justru jadi gejala yang terus-terusan terjadi. Segera periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi Anda lebih lanjut.

Banyak dicari:
PERUT BEGAH, kenapa perut terasa kembung dan begah, penyebab perut begah, perut begah isi udara, perut sering terasa begah apakah bahaya, perut terasa begah, Perut terasa melilit dan begah?, sebab perut begah
.
(Visited 228 times, 1 visits today)