Penyakit Kulit yang Kerap Menyerang Anak dan Cara Mengatasinya

herbal-id.com – Anak kecil sangatlah rawan pada penyakit kulit. Terlebih, sebagian penyakit kulit dikarenakan oleh bakteri jahat serta system kekebalan badan anak yang masih lemah untuk melawannya. Tandanya juga bermacam, dari mulai kemerahan sampai bintik-bintik. Keadaan itu mungkin saja yaitu tanda-tanda infeksi atau alergi.

Seperti yang diterangkan oleh MeetDoctor.com, di bawah ini yaitu di antara penyakit kulit yang kerap menyerang anak-anak beserta gejala dan cara mengatasinya:

Penyakit Kulit Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Biang Keringat

Pemicu biang keringat yaitu karena tersumbatnya saluran keringat yang ada di permukaan kulit. Adapun gejalanya diantaranya bintik-bintik seperti jerawat di bagian-bagian badan, seperti kepala, leher serta bahu. Biang keringat umumnya dikarenakan anak memakai baju yang terlampau tebal, panas, atau tak bagus untuk menyerap keringat.

Kurap

Kurap terjadi karena adanya infeksi kulit yang dikarenakan jamur yang hidup didalam kulit mati, rambut, serta jaringan kuku. Gejalanya yaitu kulit kemerahan serta bersisik, lantas membuat pola seperti cincin. Kulit juga mengelupas, gatal serta melepuh. Penularan kurap bisa berlangsung waktu bersentuhan dengan orang lain atau hewan yang terserang kurap. Langkah penyembuhan kurap yaitu dengan menggunakan salep anti jamur.

Impetigo

Kurangnya menjaga kebersihan badan bikin anak semakin rawan terserang impetigo. Impetigo merupakan penyakit kulit yang dikarenakan infeksi bakteri stafilokokus atau streptokokus. Impetigo bikin kulit jadi kemerahan atau melepuh yang diisi cairan serta berkerak. Upayakan sebisa mungkin supaya anak tak menggaruk kulit yang terkena penyakit ini, karena impetigo dapat dengan mudah menebar ke sisi kulit lain apabila digaruk. Penularan impetigo bisa lewat sentuhan kulit atau menggunakan barang seperti handuk serta mainan secara bergantian. Anda bisa memakai obat antibiotik untuk hentikan penyebarannya.

Kutil

Kutil bisa menular melalui sentuhan dengan orang lain yang terlebih dahulu sudah terinfeksi papilloma yang merupakan bakteri pemicu kutil. Kutil umumnya tumbuh di tangan atau di jari. Untuk mengatasi dan mencegah penyebarannya, Anda dapat mencabut kutil sampai ke akar serta balut dengan perban.

Itulah beberapa penyakit kulit yang kerap menyerang anak-anak dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui ini, diharapkan kita bisa lebih tahu supaya anak kita bisa terbebas dari masalah penyakit kulit yang dapat mengganggu perkembangannya.

(Visited 63 times, 1 visits today)