Sebagai karyawan yang selalu rutin berngkat kantor dari pagi dan pulang sore atau bahkan malam pastilah merupakan kegiatan yang sangat melelahkan. Oleh karena itu sering diantara kita sepulang dari kantor kita langsung tepar karena merasa sudah habis tenaganya. Namun apakah hal seperti ini harus kita biarkan terus dan menjadi kebiasaan? Tentu saja kita ingin berubah dan ingin bisa lebih menikmati hidup.

Setiap kantor pastilah memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk istirahat siang. Hal ini ditujukan agar semua karyawan bisa beristirahat dan makan siang agar menjadi lebih fresh dan lebih produktif lagi. Namun kenyataannya sekarang tidak sedikit karyawan yang pada saat istirahat malah dibuat untuk melakukan kegiatan lain. Entah itu sekedar browsing-browsing di internet mencari hiburan, jalan-jalan ataupun makan siang di luar kantor yang terlalu jauh sehingga memakan banyak waktu di perjalanan.

Mulai sekarang sebaiknya kita pikirkan kembali apabila selama ini kita masih memanfaatkan waktu istirahat untuk hal yang tidak terlalu berguna atau malah cenderung melelahkan. Manfaatkanlah sedikit dari waktu istirahat siang anda untuk tidur sejenak. Karena tiduk sebentar pada saat istirahat siang ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengembalikan tenaga yang digunakan untuk bekerja dan kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur siang sebentar pada saat istirahat kerja dikantor seperti yang dilansir Ghiboo.com:

Baik Untuk Jantung

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Allegheny College menyebutkan bahwa orang yang sedikitnya menyempatkan waktu 45 menit pada siang hari untuk tidur, maka ia cenderung memiliki jantung yang lebih sehat.

Menstabilkan Tekanan Darah

Orang yang membiasakan tidur siang sebentar di sela-sela aktivitasnya pada siang hari akan memiliki tekanan darah yang lebih stabil. Tidur siang bermanfaat untuk kardiovaskular, karena dengan melakukan tidur siang dapat mempercepat pemulihan kardiovaskular yang disebabkan tekanan mental atau stres,” turur peneliti di Allegheny College yang dikutip dalam jurnal kesehatan Journal of Behavioral Medicine.

Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Allegheny College pada tahun 2008, menyimpulkan bahwa tidur siang selama 45 menit dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Memperkuat Daya Ingat

Tidur siang sangat efektif untuk memberikan kekuatan pada hippocampus, sebuah bagian pada otak yang berfungsi untuk menyimpan memori jangka pendek.

Bagaimana? Apakah setelah mengetahui manfaat dari tidur siang anda masih saja enggan melakukannya? Memang semua ini kembali kepada pribadi masing-masing. Apabila pada siang hari anda tidak ada waktu buat tidur anda berarti harus bisa memanfaatkan waktu malam untuk tidur dengan sebaik-baiknya, jangan samapai siang tidak sempat istirahat namun malamnya habis hanya untuk bergadang hal yang tak berguna.
(Visited 86 times, 1 visits today)