Terpenuhinya kolin pada saat hamil dan menyusui sangat penting bagi perkembangan otak janin ataupun bayi. Namun makanan apa saja sih yang mengandung kolin?

Pentingnya Kolin Untuk Perkembangan Otak Janin

Pentingnya kolin untuk perkembangan otak janin – Kolin adalah nutrisi utama dalam perkembangan sel otak janin sewaktu dalam kandungan. Oleh karenanya, kolin adalah nutrisi yg tidak bisa diabaikan ketercukupannya sepanjang masa kehamilan.

Pentingnya Kolin Untuk Perkembangan Otak Janin

Dijelaskan dalam laman babycentre.com, kolin adalah komposisi paling utama untuk melindungi membran sel berkembang sempurna dan melindungi keutuhan membran sel dalam beberapa sistem biologi, seperti aliran/rangsangan info, komunikasi intrasel, serta bioenergi.

Kolin juga sangat berperan dalam pembentukan neurotransmiter asetilkolin, yakni bentuk senyawa kolin yang begitu penting pada kinerja otak.

Riset pada dampak kolin pada perkembangan otak banyak dikerjakan pada hewan percobaan. Dari beberapa riset itu di ketahui ada dua waktu penting dalam perkebangan otak janin. yakni embrionik (pada hewan berlangsung pada hari ke 12-17) serta saat setelah lahir (pada hewan hari ke 16-30). Bila pada saat-saat ini di beri penambahan kolin, pembentukan neuron-neuron otak akan semakin sempurna.

Pada manusia, perkembangan otak ini telah juga diawali mulai sejak janin ada dalam kandungan, terlebih pada trisemester ke-2 kehamilan. Oleh karenanya, kolin yang disebut zat gizi esensial, bertindak dalam pembentukan membran sel yang bertugas mengemukakan tanda atau pesan dalam system saraf serta otak.

Lantaran begitu dibuuhkannya kolin dalam perkembangan otak janin, makakonsumsi kolin yang cukup mesti di perhatikan sepanjang masa kehamilan serta menyusui. lantaran dalam masa-masa itu adalah waktu penting untuk memperoleh perkembangan otak bayi yang sempurna.

Ibu hamil memerlukan sekurang-kurangnya 450 mg kolin sehari-harinya, dan ibu yang menyusui memerlukan sedikit semakin banyak konsumsi kolin, yaitu sekitaran 550 mg kolin /hari.

Untuk memperoleh nutrisi kolin yang cukup, Anda dapat konsumsi bahan makanan kaya kandungan kolin seperti terlur, daging, ikan, sayur-sayuran hijau, dan biji-bijian. So Herbalers, janganlah malas untuk konsumsi beberapa makanan itu mulai saat ini ya!

(Visited 8 times, 1 visits today)