Pada masa kehamilan, nutrisi seorang wanita harus terpenuhi secara maksimal. Salah satunya adalah tercukupinya asupan Vitamin D. Ini karena begitu pentingnya asupan vitamin D bagi ibu hamil dan janin.

Pentingnya Asupan Vitamin D Bagi Ibu Hamil dan Janin
Pentingnya Asupan Vitamin D Bagi Ibu Hamil dan Janin

Pentingnya asupan Vitamin D bagi ibu hamil dan janin – Kehamilan adalah masa-masa penting bagi kehidupan seorang wanita dan janin yang dikandungnya. Tak heran bila sepanjang hamil, wanita betul-betul melindungi kesehatannya, termasuk juga dalam melindungi konsumsi nutrisi.

Dari berbagai macam nutrisi sepanjang masa kehamilan, vitamin D yaitu satu di antara yg tidak bisa diabaikan.

Pentingnya Asupan Vitamin D Bagi Ibu Hamil dan Janin

Mencegah Alergi

Seperti dijelaskan dalam laman www.babycentre.co.uk, suatu studi tunjukkan jika konsumsi vitamin D yang cukup bisa mencegah bayi alergi. Ibu yang konsumsi cukup vitamin ini sepanjang masa kehamilannya bisa meminimalisir bayinya dari alergi.

Studi ini dikerjakan dengan menguji 1.000 ibu hamil mulai sejak hamil, melahirkan, sampai anaknya berumur 7 tahun. Dalam penelitian itu ditemukan kalau ibu yang cukup konsumsi vitamin D sepanjang kehamilan, anaknya mempunyai resiko terserang alergi yang lebih rendah dibanding ibu yang cuma sedikit konsumsinya.

Resiko bayi alergi dapat dicegah sampai 20% dari pada ibu yang kurang mengkonsumsi Vitamin D.

Mencegah Asma

Di samping untuk mencegah lahirnya bayi alergi, konsumsi vitamin D juga dapat mencegah asma yang banyak dihadapi oleh ibu hamil di trisemester ke-2 serta 3.

Kesehatan Tulang dan Gigi

Ibu hamil yang tidak cukup memperoleh asupan vitamin D bisa menghambat janin untuk memperoleh cukup kalsium serta fosfat. Hal semacam ini bisa mengakibatkannya bayi yang lahir akan mempunyai gigi serta tulang yang lemah, bahkan rakitis.

Diabetes

Vitamin D juga bisa menolong Anda memerangi infeksi serta bisa menghindari dari resiko diabetes sepanjang kehamilan.

Sumber Vitamin D

Memperoleh cukup vitamin D sepanjang masa kehamilan bukan sekedar dapat dikerjakan dengan konsumsi suplemen penambahan. Anda dapat pula konsumsi beragam makanan seperti telur, ikan, sereal, jamur serta susu.

Di samping mengkonsumsi makanan, berjemur dibawah cahaya matahari pagi dapat juga memberi Anda cukup vitamin ini. Sebab, paparan cahaya matahari bisa menolong badan menghasilkan vitamin D dalam jumlah optimal.

Berjemurlah sekitaran 10 – 20 menit dibawah cahaya matahari pagi sepanjang kehamilan supaya Anda memperoleh cukup vitamin D. Namun, yakinkan tidak untuk lupa memakai sunblock sebelumnya Anda berjemur ya Herbalers.

(Visited 115 times, 1 visits today)