Dari sekian banyak informasi cara menyembuhkan demam anak yang beredar di masyarakat, ada yang terbukti secara ilmiah ada pula yang ternyata cuma mitos. Inilah beberapa mitos cara menyembuhkan demam pada anak yang harus kita ketahui.

Mitos Cara Menyembuhkan Demam Pada Anak yang Harus Diketahui

Saat perubahan musim seperti saat ini, demam seringkali menghampiri buah hati kita. Sebagai orang tua tentu kita kerap bingung dan gelisah bagaimana biar anak kita cepat sembuh dari demamnya.

Berbagai macam cara untuk menyembuhkan demam banyak beredar di masyarakat. Beberapa memang ada yang terbukti ampuh, namun tidak sedikit yang ternyata hanya mitos belaka.

Oleh karenanya, sebagai orang tua yang bijak alangkah baiknya jika kita bisa memilah dan memilih cara mengobati demam mana yang terbaik untuk anak kita. Karena bukankah akan kasihan anak kita kalau sudah diobati dengan macam-macam cara tapi tidak ada dasar ilmiah yang memberikan manfaat untuk itu.

Berikut ini beberapa mitos cara menyembuhkan demam pada anak yang harus kita ketahui:

Bawang Merah

Banyak orang tua kita menganjurkan untuk mengoleskan bawang merah ke tubuh anak yang sedang demam. Ada juga yang menggunakan irisan bawang merah untuk “kerokan” seperti hanya dilakukan pada orang dewasa.

Namun tahukah Anda jika mengoleskan bawang merah ke tubuh anak yang sedang deman belum ada yang dapat membuktikan khasiatnya secara ilmiah. Dalam hal ini berarti mengoleskan bawang merah tidak dapat menyembuhkan demam, tetapi jusru dapat menyebabkan iritasi.

Bawang merah memang banyak mengandung vitamin dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Akan tetapi perlu Anda ketahui juga, jika semua manfaat itu hanya dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya, bukan hanya sekedar dengan mengoleskannya ke tubuh.

Sup Ayam

Selain bawang merah, orang tua kita juga kerap menyarankan untuk memberikan sup ayam kepada anak kita yang sedang demam. Sedikit berbeda dengan carfa sebelumnya yang hanya mengoleskan bawang merah ke tubuh. Pemberian sup ayam ini dengan cara dikonsumsi.

Dengan memberikan sup ayam kepada anak yang sedang demam memang tidak seutuhnya salah, tetapi yang perlu Anda ketahui sup ayam tidak memberikan kasiat secara langsung dalam menyembuhkan demam, melainkan kandungan nutrisi serta cairan hangat pada sup yang bisa buat badan menjadi tambah nyaman.

Umpamanya, wortel memiliki kandungan betakaroten, paprika atau tomat memiliki kandungan banyak vitamin C, serta daging ayam jadi sumber protein untuk energi.

Mandi Air Dingin

Memakai air dingin untuk mandi waktu demam justru bisa buat badannya gemetar karna ketidaksamaan suhu yang sangat jauh pada badan dengan air. Bila anak yang sedang demam akan mandi, sebaiknya berikan air hangat dengan perlahan-lahan memakai kain lap sampai bersih. Lalu keringkan badan anak serta gunakan baju yang nyaman.

Paracetamol (Obat Penurun Panas)

Pemberian Paracetamol atau obat pereda demam sesungguhnya hanya sekedar agar anak terasa sedikit lebih nyaman saat demam. Karena pada intinya demam adalah tanda kalau badan tengah bekerja melawan masalah yang ada pada tubuhnya, seperti infeksi atau serangan virus. Pemberian Paracetamol pada saat ini hanya untuk membantu anak meringankan rasa tidak nyaman saat demam itu.

Oleh karena itu, jika anak demam sebaiknya ketahui juga penyebabnya supaya kita dapat segera mengobati penyebab demam itu. Tidak hanya sekadar memberikan Paracetamol yang hanya berkhasiat membuat anak merasa sedikit lebih nyaman.

Berbagai penyebab demam yang juga perlu kita ketahui di antaranya karena anak habis imunisasi, sedang tumbuh gigi, pilek, kelelahan, kurangnya asupan makanan, stres, hingga infeksi seperti infeksi saluran pernapasan.

Itulah beberapa mitos tentang cara menyembuhkan demam pada anak. Karena demam pada anak begitu umum berlangsung, sebaiknya kita selalu waspada terhadap penyebabnya dan jangan terlalu khawatir yang berlebih. Segeralah bawa ke dokter dan ceritakan penyebab demanya supaya dokter dapat segera memberikan obat yang dapat menyembuhkan demamnya itu.

(Visited 23 times, 1 visits today)