Beredar mitos di masyarakat jika terlalu sering minum manis saat hamil dapat mempersulit proses persalinannya kelak, benarkan demikian? Berikut fakta ilmiahnya.
Fakta, Minum Manis Saat Hamil Dapat Menyebabkan Bayi Kegemukan

Fakta, Minum Manis Saat Hamil Dapat Menyebabkan Bayi Kegemukan

Fakta, minum manis saat hamil dapat menyebabkan bayi kegemukan – Ibu hamil memanglah rawan pada semua permasalahan kesehatan bila tak melindungi konsumsi makanan sehari-harinya. Termasuk juga bila tidak memerhatikan konsumsi makanan serta minuman manis, terlebih yang memiliki kandungan pemanis buatan.

Hasil suatu riset menyebutkan jika ibu hamil yang kebanyakan minum manis, terlebih yang menggunakan pemanis buatan bakal condong melahirkan bayi yang kelebihan berat abadan atau kegemukan.

Bahkan tidak hanya selama dalam kandungan saja, setelah lahir pun sang anak memiliki potensi yang lebih besar untuk mengalami kegemukan atau obesitas.

Padahal kita ketahui bersama jika kelebihan berat badan bukanlah hal yang baik bagi kita. Terlebih bagi bayi yang masih berada di dalam kandungan.

Selain akan mempersulit proses kelahiran karena ukurannya yang terlalu besar, bayi yang kelebihan berat badan juga cenderung memiliki masalah terhadap keaktifan dan pertumbuhan kesehatannya.

Meghan Azad, seseorang peneliti dari University of Manitoba di Winnipeg Canada, menyebutkan bahwa ibu yang terlalu banyak minum manis saat hamil memiliki kemungkinan 2 kali lebih banyak akan melahirkan anak yang kelebihan berat badan dibanding ibu yang tidak terlalu banyak minum manis.

Ini pertama kalinya dilakukan penelitian mengenai efek minum manis pada ibu hamil. Sebelum dilakukan penelitian ini memang telah beredar mitos di kalangan orang tua kita yang menyebutkan jika terlalu banyak minum manis dapat mempersulit proses persalinan.

Penelitian ini melibatkan sekitar 3.000 ibu beserta bayinya. mereka ditanya minuman apa yang sering mereka minum sepanjang hamil. Dari hasil pertanyaan itu didapatkan bahwa wanita yang minum banyak minuman manis, terutama yang menggunakan pemanis buatan mempunyai anak-anak yang gendut. Banyak di antara mereka mengatakan jika waktu lahir bayinya tak tunjukkan kelebihan berat badan, tetapi seiring pertumbuhannya mereka cenderung mengalami kelebihan berat badan.

Penelitian ini memang belum bisa membuktikan secara ilmiah penyebab minum manis saat hamil yang menimbulkan anak menjadi kelebihan berat badan. Penelitian ini baru dapat mengungkap fakta dari efek minum manis saat hamil, terutama minuman yang menggunakan pemanis buatan. Masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk diketahui efek dari minuman manis terhadap berat badan bayi.

Meski demikian, faktanya sudah terbukti jika terlalu banyak minum manis ssat hamil dapat membuat bayi kelebihan berat badan. Oleh karenanya, janganlah kita terlalu berlebihan minum manis saat hamil. Karena apapun yang berlebihan pastilah tidak baik.

Semoga bermanfaat ya Herbalers.

Banyak dicari:
cara mengatasi bayi gemuk berlebihan di kandungan
.
(Visited 206 times, 1 visits today)