Saat hamil banyak hal yang harus diperhatikan, makan dan minum di antaranya. Namun benarkah jika minum kopi saat hamil bisa bikin IQ bayi rendah?

Minum Kopi Saat Hamil Bikin IQ Bayi Rendah

Minum kopi saat hamil bikin IQ bayi rendah? – Kehamilan merupakan suatu anugerah yang sangat membahagiakan. Terlebih bagi mereka yang telah menikah lama dan sangat menantikan hadirnya buah hati dalam keluarganya.

Ketika Anda mulai memberitahu keluarga dan lingkungan sekitar jika Anda sedang hamil, mulai saat itu juga anda bakal terima banyak saran apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Satu di antara hal yang sering menjadi perhatian dan butuh diperhatikan bagi wanita hamil yaitu makanan serta minuman. Dan kopi banyak mendapat perhatian khusus karena dianggap bisa bikin IQ bayi rendah.

Kandungan cafein dalam kopi dipercaya dapat mempengaruhi perkembangan IQ bayi.  Namun apakah benar minum kopi saat hamil bisa bikin IQ bayi rendah?

Minum Kopi Saat Hamil Bikin IQ Bayi Rendah?

Suatu riset dari Nationwide Children’s Hospital in Ohio melakukan penelitian khusus tentang pengaruh minum kopi saat hamil dengan tingkat perkembangan IQ bayi. Dalam riset itu, dihimpun sampel darah wanita hamil untuk di teliti serta dibandingkan.

Dari tes yang dikerjakan pada 2.197 ibu hamil serta pada anak-anak dengan umur 4-7 th, menunjukan jika tak ada bukti kuat bahwa konsumsi cafein saat hamil dapat memengaruhi pertumbuhan IQ bayi dalam kandungan.

Meskipun hasil riset tunjukkan bahwa cafein tak memengaruhi IQ bayi, namun minum kopi saat hamil bisa bikin ibu hamil susah tidur serta mempercepat detak jantung. Padahal ibu hamil sangatlah dianjurkan untuk dapat tidur yang cukup setiap harinya.

Dalam riset itu juga diketemukan bahwa cafein memiliki pengaruh yang erat dengan obesitas. Peneliti temukan, dibanding wanita yang tidak minum kopi waktu hamil, anak-anak yang terlahir dari wanita peminum kopi banyak yang alami kegemukan bahkan obesitas.

Jadi, baik anda tengah hamil ataupun tidak, baiknya memanglah membatasi konsumsi cafein untuk melindungi kesehatan. Lagi pula, apa pun yang terlalu berlebih pasti tak baik kan?

Semoga bermanfaat ya Herbalers.

(Visited 29 times, 1 visits today)