Tips Mengatasi Puting Sakit Saat MenyusuiTips mengatasi puting sakit saat menyusui. Menyusui bayi yaitu suatu hal yang mengasyikkan, tetapi kadang-kadang dapat beralih menyebabkan trauma sendiri pada payudara. Umpamanya saja nyeri pada puting yang kadang-kadang juga hingga mengakibatkan ASI sulit keluar.

Anda barangkali sempat atau tengah merasakannya, dimana puting benar-benar jadi sakit terlebih pada dua minggu pertama menyusui. Anda mesti tahu bahwasanya rasa sakit itu tidak cuma nampak di saat awal saja. Saat bayi bertumbuh serta mulai ada gigi, ia juga dapat mencederai puting serta bikin puting terluka.

Sesungguhnya Anda dapat mengatasinya dengan mudah asal tahu langkah yang benar serta melakukan perbaikan langkah Anda menyusui si kecil. Kecelakaan pada puting umumnya berlangsung saat si bayi merasa tak nyaman, hingga ia gemas serta melakukan tindakan menggigit puting.

Luka pada puting juga baiknya jangan disepelekan. Terdapat banyak keadaan dimana sakit pada puting berbuntut pada infeksi yang dapat beresiko jika tidak diatasi. Satu diantaranya yaitu mastitis, dimana ada infeksi yang mengakibatkan puting keluarkan nanah yang dibarengi rasa gatal.

Sebelum saat puting terkena infeksi, ikuti tips mengatasi puting sakit saat menyusui, seperti ditulis Boldsky. com.

Tips Mengatasi Puting Sakit Saat Menyusui

Braless

Saat puting jadi nyeri serta tak nyaman, maka tandanya Anda mesti melepas bra serta membiarkan kulit Anda bernapas. Membiarkan payudara terjerat didalam bra bakal bikin puting makin tak nyaman.

Di samping itu, pastikan anda selalu mengenakan baju dengan bahan yang nyaman dan tak bikin puting makin jadi nyeri.

Waktu menyusui, bukalah bra Anda supaya tak ada desakan di satu bagian saja.

Perbanyak Intensitas Menyusui

Ada kalanya si kecil gemas lantaran terlampau lapar serta semangat hingga pada akhirnya melukai puting. Untuk menghindari keagresifan si kecil, upayakan selalu untuk menyusui tiap-tiap dua jam sekali. Di samping itu, menyusui bakal bikin puting Anda jadi tambah nyaman serta payudara tak kaku.

Pakai Pumping

Apabila terasa terlampau sakit serta ada nanah, maka mengeluarkan ASI dengan memakai pompa. Pumping ini bertujuan untuk keluarkan nanah terlebih dahulu, kemudian membuang ASI yang terkena nanah dan baru berikan pada bayi yang memang sudah benar-benar bersih.

Sebaiknya bila ASI Anda dapat keluar cukup banyak waktu pumping, Anda sediakan pasokan ASI untuk si kecil. Hingga pada waktu Anda terasa benar-benar nyeri, Anda dapat berikan ASI itu.

Meski begitu, cek kembali ASI anda aoaka layak minum supaya si kecil tak sakit.

Menggelitik Puting

Saat Anda merasa posisi bayi anda tak pas serta Anda mau membetulkannya, cobalah gelitiklah puting hingga ia dapat ada pada posisi yang cocok di mulut bayi. Posisikan supaya seluruhnya puting masuk hingga bayi juga bukan sekedar menghisap angin saja.

Oles dengan ASI

Perawatan yang paling baik menangani nyeri pada puting yaitu dengan memoleskan ASI itu sendiri di area puting. ASI sendiri penuh dengan antibodi hingga bisa mempercepat kesembuhan puting.

Mengompres dengan Kantung Teh Hangat

Sesaat sebelum menyusui, coba kompres puting dengan kantung teh hangat. Langkah tersebut bakal menentramkan puting serta menghindar nyerinya makin kronis.

Itulah beberapa tips mengatasi puting sakit saat menyusui . dengan puting yang nyaman tanpa masalah maka kita bakal bisa berikan ASI ekslusif. Karena ASI merupakan konsumsi yang paling baik untuk bayi  supaya bayi tumbuh sehat serta kuat.

(Visited 80 times, 1 visits today)