Tips Mengatasi Kaki Bengkak Setelah MelahirkanKaki bengkak setelah melahirkan – Untuk wanita yang barusan melahirkan, terkadang mengalami masalah dengan badannya yang membengkak. Pembengkakan yang dialami wanita setelah melahirkan adalah hal yang normal, terlebih pada bagian kaki.

Meskipun cukup mengganggu, namun kita tak perlu terlalu cemas ya Herbales. Pembengkakan pada kaki setelah melahirkan biasanya disebabkan penambahan volume darah sepanjang masa kehamilan yang didistribusikan setelah melahirkan.

Wanita yang memiliki tekanan darah tinggi lebih beresiko untuk mengalami masalah kaki bengkak setelah melahirkan. Pembengkakan biasanya terjadi pada daerah pergelangan kaki serta sekitarnya.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan:

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Lakukan Peregangan

Lakukan peregangan saat Anda santai. Untuk peregangan ini Anda cukup dengan berjalan-jalan ringan di sekitar rumah. Pembengkakan akan semakin parah jika Anda duduk terlampau lama. Dengan melakukan peregangan maka aliran darah menjadi lebih lancar.

Tinggikan Posisi Kaki

Saat anda rasakan kaki yang mendadak merasa demikian kencang baik waktu tengah duduk ataupun tengah tidur. Baiknya letakan ganjalan untuk meletakan kaki supaya posisi telapak kaki jadi lebih tinggi dari pada pantat. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk kurangi cairan yang menumpuk pada pergelangan kaki setelah persalinan.

Jangan Menyilangkan Kaki Pada saat Duduk

Memang kita bakal terasa lebih nyaman jika duduk dengan posisi kaki yang disilangkan kebagian depan. Tetapi saat anda alami bengkak pada kaki, baiknya janganlah duduk dengan posisi seperti ini, karena hal semacam ini akan menghalangi peredaran darah hingga bakal jadi memperburuk keadaan pembengkakan. Demikian sebaliknya posisikanlah kaki lurus dengan lantai atau sedikit lebih tinggi.

Hindari Makanan Asin

Makan makanan asin dapat mengakibatkan timbunana cairan pada badan makin bertambah. Jadi baiknya upayakan tak konsumsi makanan yang teralalu asin dahulu seperti kacang atau makanan ringan yang gurih.

Rendam Kaki dengan Air Garam

Merendam kaki yang bengkak dengan memakai air garam dapat kurangi pembengkakannya. Hal semacam ini dikarenakan garam mempunyai kandungan mineral yang menolong kurangi kelelahan serta kurangi pembengkakan, terlebih di bagian kaki.

Jangan Menahan Buang Air Kecil

Wanita yang barusan melahirkan sering menahan buang air kecil. Mereka beranggapan jika terlau sering buang air kecil maka jahitanya tak kering-kering serta menjadi perih. Padahal buang air kecil tidak memengaruhi cepat atau lambatnya jahitan mengering.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Meskipun merupakan hal yang normal, namun apabila kaki bengkak anda belum sembuh setelah lebih dari seminggu, sebaiknya Anda segera hub dokter atau bidan untuk konsultasi masalah ini.

Semoga bermanfaat ya Herbalers, selamat atas kelahirannya.

Banyak dicari:
kaki bengkak setelah melahirkan
.
(Visited 116 times, 1 visits today)