Kebanyakan di antara kita pasti selalu mencuci daging yang baru dibeli di supermarket sebelum memasaknya. Tahukah Anda jika ini berbahaya?

Mencuci Daging Beku dengan Air Justru Berbahaya

Mencuci daging beku dengan air justru berbahaya – Tahukah Anda jika cara mencuci  daging sebelum Anda memasaknya justru dapat membahayakan kesehatan badan. Maksud hati untuk membersihkan daging dari berbagai bakteri dan kotoran, namun mencuci daging dengan air justru berbahaya.

Mengapa membersihkan daging dengan cara seperti itu bisa berbahaya? Lantas bagaimana cara membersihkannya supaya bersih dan tidak berbahaya? Berikut ini penjelasannya dikutip dari halaman madiunpos.com.

Mencuci Daging Beku dengan Air Justru Berbahaya

Seseorang profesor dari Drexel University, Jenifer Kwinlan, mengungkapkan jika daging yang di jual di supermarket merupakan daging yang telah dibekukan. Daging yang telah dibekukan terlebih daging ayam umumnya memiliki kandungan bakteri salmonella serta campylobacter.

Bakteri salmonella serta campylobacter merupakan bakteri yang dapat menyebabkan kerancuan pada makanan dan menganggu saluran pencernaan kita.

Apabila mencuci daging dengan air, belum tentu Anda telah membersihkan bakteri salmonella serta campylobacter. Dengan mencucinya menggunakan air, maka dua bakteri itu justru dapat makin menebar serta dapat menempel pada peralatan masak, piring, sendok, serta berbagai makanan dan peralatan makan yang lain.

Lantas, apakah daging dari supermarket tidak perlu dibersihkan sebelum dimasak? Sudah pasti kita mesti membersihkannya dahulu. Seperti ditulis Healthylifetricks, langkah aman untuk bersihkan daging yang telah dibekukan yaitu dengan memakai tisu.

Caranya dengan basahi tisu dengan sedikit air, kemudian pakai tisu itu untuk mengelap daging ayam. Buang tisu di tempat sampah yang aman dan bersihkan tangan menggunakan sabun sampai bersih setelah selesai.

(Visited 55 times, 1 visits today)