Manfaat Rebung Untuk KesehatanManfaat rebung untuk kesehatan – Di antara kita mungkin ada beberapa yang belum tahu tentang rebung. Bila Anda juga belum tahu, rebung adalah tunas bambu yang masih muda dan belum terlalu keras. Oleh orang-orang rebung sering dimanfaatkan untuk bahan masakan yang lezat.

Bila kita belanja ke pasar, serta temukan rebung, atau tunas bambu, gak ada salahnya kita coba beli serta mengolahnya jadi menu masakan buat keluarga kita ya. Walau baunya kurang enak, tetapi rebung ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang luar biasa lho.

Seperti yang dilansir di halaman stylecraze.com, berikut ini beberapa manfaat rebung untuk kesehatan.

Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Menurunkan Kolesterol

Manfaat pertama rebung yang sangat penting buat kita yaitu berkhasiat untuk turunkan kandungan cholesterol dalam tubuh. Rebung yang tak mengandung lemak serta banyak kalori sangat efektif untuk menurunkan cholesterol serta dapat memperlancar peredaran darah.

Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi serta mineral seperti selenium serta potasium yang terdapat dalam rebung sangat diperlukan oleh jantung. Ditambah lagi manfaat rebung seperti yang disebutkan sebelumnya, yaitu yang dapat menurunkan kolesterol, ini membuat rebung sangat penting untuk kesehatan jantung kita.

Dengan fungsinya yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh, menjadikan makanan ini dapat membantu jantung untuk menghindarkan dari serangan penyakit kardiovaskuler seperti penyumbatan arteri atau stroke.

Kanker

Walau tak terlalu terkenal sebagai bahan makanan, tetapi rebung mempunyai nutrisi, anti-oksidan serta fitosterol yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Anti-oksidan yang terdapat dalam rebung dapat juga menghindarkan terjadinya mutasi sel serta rusaknya sel yang dapat berisiko menyebabkan tumor.

Turunkan Berat Badan

Manfaat rebung yang tak kalah pentingnya yaitu untuk menurunkan berat badan. Rebung sangatlah baik untuk turunkan berat badan lantaran mengandung banyak serat, tetapi sedikit gula serta kalori. Ini tentu sangat efektif untuk mengeluarkan lemak serta sisa makanan dalam proses pencernaan.

Itulah beberapa manfaat rebung yang dapat kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh. Untuk pengolahannya, rebung dapat dimasak kuah, sebagai isi lumpia serta lain sebagainya. Namun sebisa mungkin jangan memasak rebung dengan santan. Ini tentu untuk melindungi komposisi serta khasiat sehatnya.

Untuk menghilangkan baunya yang tak sedap, kita dapat bersihkan rebung  kemudian merebusnya serta buang airnya.

(Visited 56 times, 1 visits today)