Saat hamil kita sering diingatkan untuk menghindari makanan dengan rasa dan bau yang menyengat. Namun, meskipun menyengat, tahukah Anda jika manfaat melon justru bermanfaat untuk ibu hamil. Apa sajakah manfaat buah melon untuk ibu hamil itu?

Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil

Manfaat melon untuk ibu hamil – seperti halnya semangka, melon adalah jenis buah yang banyak mengandung air dengan rasa manis menyegarkan. Namun berbeda dengan semangka, melon memiliki aroma yang begitu menyengat.

Karena aroma yang menyengat dan rasa yang manis ini banyak membuat kita mengira-ira jika buah ini tidak bagus untuk kesehatan. Terlebih bagi ibu yang sedang hamil.

Namun benarkah jika melon itu tidak bagus untuk ibu hamil?

Seperti yang dikutip dari halaman www.momjunction.com, selain aman untuk ibu hamil, melon ternyata juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal semacam ini karena buah melon banyak mengandung nutrisi serta vitamin yang sangatlah berguna untuk kesehatan Anda sepanjang kehamilan.

Apa sajakah manfaat melon untuk ibu hami? Berikut beberapa di antaranya:

Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil

Anti Mual

Pada awal masa kehamilan, tubuh kita banyak melakukan penyesuaian diri terhadap proses perkembangan janin yang ada di dalam tubuh kita. Dalam proses ini, tubuh kerapkali menjadi mual dan gampang muntah, terutama pada pagi hari. Ini yang kemudian sering kita sebut dengan morning sickness.

Untuk membantu mengatasi morning sickness, Anda dapat konsumsi buah melon sepotong demi sepotong. Efek menyegarkan dari melon dapat membuat perut lebih nyaman dan rasa mual itu bakal teratasi dengan sendirinya.

Hidrasi

Kandungan air dalam melon yang cukup banyak sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Konsumsi melon pada masa kehamilan dapat membantu kita terhindar dari dehidrasi yang umumnya banyak dihadapi oleh ibu hamil di awal-awal usia kehamilan.

Sembelit

Sembelit juga merupakan masalah pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk mencegah hal semacam ini, Anda dianjurkan untuk banyak konsumsi makanan memiliki serat yang bisa melancarkan pencernaan.

Nah, melon merupakan salah satu buah yang kaya serat alami. Dan serat dalam buah melon dapat larut dalam air, ini sangat penting untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Tekanan Darah

Buah melon banyak mengandung kalium, dan kalium ini sangat penting peranannya untuk menjaga tekanan darah. Sehingga manfaat buah melon juga bisa untuk mencegah terjadinya darah tinggi atau darah rendah saat hamil.

Itulah beberapa manfaat melon untuk ibu hamil. Dengan demikian, kita tidak perlu ragu lagi untuk makan buah melon saat hamil. Selain manfaat di atas, buah melon juga bisa mengatasi rasa gerah yang kerap dialami oleh ibu hamil. Dengan makan melon kita akan memperoleh rasa segar, manfaat sebagai nutrisi dan obat.

(Visited 81 times, 1 visits today)