MaduDari sekian juta bahan alami yang diproduksi oleh hewan dan tumbuh-tumbuhan ada satu jenis yang istimewa dan sangat menarik perhatian kita semua. Yang pertama karena benda atau zat ini memiliki rasa yang sangat disuka kebanyakan orang, yang kedua karena ia mengandung berbagai macam manfaat yang sangat luar biasa. Dan yang paling mengagumkan adalah karena proses terciptanya, zat ini dibuat atau diciptakan melalui proses sedikit demi sedikit dan memerlukan tingkat ketelitian yang sangat luar biasa.
Ya, madu memang sungguh luar biasa. Rasanya yang manis dan khasiat yang dikandungnya juga sangat menakjubkan. Hal ini juga termuat dalam kitab suci Al Qur’an Surat An Nahl ayat 68-69 yang isinya:
Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan  dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). ‘Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.”   

Oleh karenanya tidak perlu diragukan lagi khasiat madu untuk kehidupan di dunia ini. Baik untuk pengobatan, kesehatan, maupun untuk kepentingan perawatan tubuh. Untuk pengobatan, madu dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh luka, anti biotik, anti oksidan, sehingga madu dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita.
Selain untuk pengobatan madu juga sangat efektif digunakan sebagai suplemen yang berkhasiat menambah daya tahan tubuh kita sehingga kita menjadi tidak mudah diserang penyakit. Madu juga sangat efektif digunakan merawat penampilan kita. Madu berkhasiat untuk menghaluskan kulit, menjaga kesehatan kulit, dan merawat rambut sehingga rambut tidak rontok, lebih sehat dan berkilau.
Banyaknya khasiat dari madu ini disebabkan karena madu mengandung berbagai macam minerla yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti; Tembaga (Cu), Seng (Zn), Yodium (I), Belerang (S), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Mangan (Mn), Besi (Fe), Fospor (P), Klor (Cl), Kalium (K), Silikon (Si), Natrium (Na), Molibdenum (Mo) dan Aluminium (Al). Dan zat tembaga sangat penting bagi kesehatan manusia. Karena Tembaga (Cu) sangat berkaitan erat dengan hemoglobin. Kekurangan zat zat tembaga (Cu) dalam tubuh menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh sehingga akan membuat tubuh kita rentan terserang penyakit dan memicu meningkatnya kadar kolesterol.
(Visited 18 times, 1 visits today)