Manfaat Kerokan Secara IlmiahManfaat kerokan secara ilmiah – Walaupun sudah ada penyembuhan moderen, namun sampai saat ini orang Indonesia, terlebih di Jawa masih kerap melakukan kerokan waktu tak enak badan atau masuk angin. Jika selama ini Anda masih ragu dengan manfaat kerokan untuk menyembuhkan meriang, setelah membaca artikel ini mungkin Anda akan berubah pikiran.

Seperti Anda, awalnya penulis juga ragu dengan manfaat kerokan. Namun setelah merasakan sendiri perbedaaan antara kerokan dan tidak kerokan, kami mencari-cari sumber yang dapat menjelaskan manfaat kerokan secara ilmiah.

Sampai akhirnya menemukan suatu sumber yang memaparkan sebuah hasil penelitian dari Guru Besar dari Fakultas Kedokteran UNS Solo, Prof Didik Gunawan Tamtomo.

Manfaat Kerokan Secara Ilmiah

Kerokan di Indonesia umumnya memakai uang logam yang digosokkan ke kulit punggung berkali-kali memakai minyak juga sebagai pelicin.

Menyembuhkan ”Masuk Angin”

Pada awal penelitiannya, Prof. Didik lakukan survey kuantitatif serta kualitatif. Dari 390 responden berumur 40 ke atas, nyaris 90% mengakui selalu kerokan waktu ”masuk angin”.  Responden Prof. Didik yaitu beberapa pasien, tetangga, serta pedagang di pasar.

Beberapa responden percaya manfaat kerokan untuk mengobati ”masuk angin”.  Arti ”masuk angin” sesungguhnya tak di kenal dalam istilah medis. Masuk angin biasanya mengacu pada situasi perut kembung, kepala pusing, demam, serta otot nyeri.

Tidak Merusak Kulit

Pada penelitian tahap ke-2, Prof. Didik melakukan penelitian terhadap tubuhnya sendiri untuk objek penelitiannya. Ia mengerok tangannya lantas dibiopsi, yakni di ambil sedikit jaringan kulit epidermisnya (kulit ari) untuk kontrol mikroskopis.

Selama ini ada asumsi, orang yang kerap dikerok kulitnya bakal rusak, pori-pori kulitnya jadi membesar, atau pembuluh darahnya pecah. Tetapi, hasil kontrol di laboratorium patologi anatomi UNS tunjukkan tak ada kulit yang rusak maupun pembuluh darah yang pecah.

Melancarkan Peredaran Darah

Ketika kerokan, maka pembuluh darah di daerah kulit yang dikerok menjadi melebar. Melebarnya pembuluh darah ini bikin aliran darah lancar serta pasokan oksigen dalam darah jadi tambah.

Mengatasi Nyeri

Manfat kerokan dapat menurunkan Rostaglandin dalam tubuh. Rostaglin yaitu senyawa asam lemak yang berperan merangsang kontraksi rahim serta otot polos lain dan dapat turunkan tensi darah, mengatur sekresi asam lambung, suhu badan, serta merubah kerja beberapa hormon.

Di segi lain, zat ini mengakibatkan nyeri otot. Penurunan kandungan prostaglandin akan mengurangi rasa nyeri otot.

Jalinan Emosional

Salah satu unsur dalam kerokan yang sangat efektif untuk menyembuhkan orang sakit yaitu jalinan emosional pada orang yang dikerok serta orang yang mengerok. Ibu yang mengerok anaknya sembari bercerita adalah unsur biopsikososial dalam penyembuhan yang saat ini digalakkan dalam penyembuhan moderen.

Prof. Didik merekomendasikan kerokan baiknya diawali dari atas ke bawah di kanan serta kiri tulang belakang, dilanjutkan dengan garis-garis menyamping di punggung sisi kiri serta kanan. Alat pengerok yang biasanya berupa uang logam dipegang 45° supaya waktu bergesekan dengan kulit tak terlampau sakit.

Itulah beberapa manfaat kerokan secara ilmiah. Jadi, kita tak perlu ragu lagi untuk melakukan kerokan saat merasa tak enak badan. Namun tetap saja kita tak boleh berlebihan ya. Karena apapun yang berlebihan pasti tidak baik untuk kita.

Semoga bermanfaat ya Herbalers.

(Visited 183 times, 1 visits today)