Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

herbal-id.com – Apakah Anda termasuk juga orang yang tidak suka makan jengkol cuma lantaran baunya yang menyengat? Bila iya, mulai sekarang Anda pantas memikirkan lagi manfaat jengkol. Pasalnya, berdasar sebagian riset, si bau ini mempunyai beragam kandungan yang sangatlah berguna untuk kesehatan.

Di balik baunya yang khas, jengkol ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Di bawah ini sebagian manfaat jengkol untuk kesehatan seperti diambil dari Solopos.com:

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Obat Anemia

Manfaat jengkol yang memiliki kandungan zat besi berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke badan. Bila badan kita kekurangan zat besi, maka penyaluran oksigen ke seluruh tubuh akan terganggu. Ini akan membuat tubuh kita menjadi lemas serta loyo.

Kaya Vitamin

Jengkol memiliki kandungan vitamin yang baik untuk badan, seperti vitamin A, B1, B2, serta C. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam jengkol sekitar 658 mg/100 gr sangatlah baik untuk kesehatan mata. Sedang vitamin B1 serta B2 sangatlah bermanfaat untuk menolong penyerapan protein. Sedangkan vitamin C sangat bermanfaat sebagai anti-oksidan untuk melawan radikal bebas.

Pengobatan Luka

Kandungan protein yang ada pada jengkol cukup banyak, bahkan melebihi makanan lain seperti kedelai serta kacang hijau. Dalam 100 gr jengkol memiliki kandungan seputar 23,3 gr protein. Protein sangatlah bermanfaat untuk badan untuk merangsang perkembangan beberapa sel baru serta menolong mempercepat pengobatan luka. Oleh karenanya manfaat jengkol bisa untuk mempercepat penyembuhan luka.

Kesehatan Tulang

Tingkat kalsium yang ada pada jengkol yaitu 140 mg/100 g. Kalsium tinggi ini bakal melindungi kesehatan tulang dari pengeroposan. Karena itulah jengkol banyak disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil serta menyusui yang memerlukan kalsium tinggi.

Fosfor

Fosfor adalah mineral lain yang terdapat dalam jengkol. Dalam satu buah jengkol memiliki ukuran tengah terdapat seputar 100 gr fosfor 166, 7 m. Manfaat fosfor yaitu untuk melindungi kesehatan tulang serta gigi seperti kalsium.

Itulah beberpa manfaat jengkol untuk kesehatan yang perlu kita ketahui. Karena di balik sesuatu yang tidak kita sukai memang biasanya ada manfaat luar biasa. Salah satunya dalam bji jengkol.

(Visited 51 times, 1 visits today)