Selain efek negatif, kopi juga memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan anak-anak. Berikut ini beberapa manfaat dan bahaya kopi bagi anak-anak.

Manfaat dan Bahaya Kopi Bagi Anak-Anak

Manfaat dan bahaya kopi bagi anak-anak – Kopi biasa diminum oleh orang dewasa khususnya mereka yang suka nongkrong, ngobrol maupun begadang. Terasa tidak komplit bila dalam satu hari tak minum secangkir kopi saat sebelum mulai bekerja.

Namun selain orang dewasa, anak-anak juga mulai banyak yang minum kopi. Yang menjadi pertanyaan di benak kita semua, apakah manfaat serta bahaya kopi jika dikonsumsi oleh anak-anak?

Manfaat dan Bahaya Kopi Bagi Anak-Anak

Selama ini telah dilakukan beberapa riset tentang manfaat dan bahaya kopi untuk kesehatan, khususnya bagi anak-anak. Salah satunya seperti yang ditulis pada halaman kidzworld.com.

Disebutkan pada halaman tersebut, minum 6 cangkir kopi dalam satu hari bisa turunkan resiko terkena penyakit diabetes, parkinson, kanker usus sampai Alzheimer.

Namun dalam waktu yang bersamaan, minum kopi yang terlalu banyak bisa dapat berbahaya. Salah satu bahaya kopi dapat tingkatkan resiko terserang penyakit jantung.

Dr. Tomas De Paulis, peneliti yang fokus melakukan penelitian terhadap kopi serta dampaknya pada anak, menyampaikan bahwa sebenarnya kopi tidaklah berbahaya untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Bagi anak-anak minum kopi juga memiliki manfaat, salah satu manfaat minum kopi bisa tingkatkan konsentrasi. Manfaat ini cukup berguna bila dikonsumsi sebelum anak akan melakukan ujian.

Suatu riset di Brazil, sebagai negara penghasil kopi paling besar didunia, temukan bahwa anak-anak yang minum kopi dan susu tiap pagi bakal terhindari dari depresi dari pada anak yang tidak mengonsumsinya.

Tetapi Anda juga harus ingat, minum kopi juga mempunyai dampak negatif berkenaan jumlah kandungan kafeinnya. Bahaya kopi dengan kandungan cafein di dalamnya dapat menyebabkan permasalahan pada jantung, saraf dan dapat meningkatkan kemungkinan hiperaktif.

Di samping itu, punya kebiasaan konsumsi cafein bisa bikin anak kecanduan. Jadi bila Anda mau memberi kopi pada anak, berikanlah dalam batas kewajaran, umpamanya 1 minggu sekali secangkir kecil. Karena Anda tentu tidak ingin kan jika manfaat yang terdapat dalam kopi malah mengakibatkan kerusakan kesehatan si kecil?

Itulah beberapa manfaat dan bahaya kopi bagi kesehatan anak-anak. Semoga bermanfaat ya Herbalers.

(Visited 81 times, 1 visits today)