Kandungan alkaloid dalam cokelat membuatnya berkhasiat untuk mengobati batuk serta meredakan gatalnya. Dokter menyarankan untuk menghindari cokelat saat batuk karena tingginya kandungan gula pada kebanyakan cokelat yang ada di pasaran.

Manfaat Cokelat Untuk Mengobati Batuk
Manfaat Cokelat Untuk Mengobati Batuk

Manfaat cokelat untuk mengobati batuk – Bila anda pergi ke dokter lantaran keluhan batuk yang makin hari tak kunjung ada tanda-tanda akan segera sembuh, dokter pastinya akan menyarankan Anda untuk hindari beberapa jenis makanan tertentu, satu diantaranya yaitu cokelat.

Manfaat Cokelat Untuk Mengobati Batuk

Namun tahukah anda, bila cokelat sebenarnya tidak seburuk itu lho Herbalers? Seperti hasil suatu riset yang mengungkapkan kalau dark cokelat justru lebih baik untuk mengobati batuk dari pada sirup obat batuk yang ada selama ini.

Jika kebanyakan dokter menyarankan untuk menghindari cokelat saat batuk ini adalah karena kebanyakan cokelat yang ada di pasaran memiliki kandungan gula yang terlalu berlebih. Kadungan gula inilah yang dapat menjadi pemicu batuk menjadi lebih parah.

Profesor Alyn Morice, kepala peneliti bidang kardiovaskuler serta pernapasan di University of Hull mengutip suatu penemuan yang mempelajari efektifitas sirup obat batuk yang memiliki kandungan cocoa atau cokelat. Dalam penelitian itu didapatkan jika obat yang memiliki kandungan cocoa bekerja lebih baik dalam meredakan batuk dari pada sirup obat batuk biasa.

Dalam riset yang lain dari Imperial College London menuturkan kalau cocoa memiliki kandungan alkaloid yang lebih ampuh dalam mengobati batuk serta meredakan gatalnya.

Untuk dimanfaatkan sebagai obat batuk, kita sebaiknya memilih dark cokelat. Dan saat dijadikan minuman untuk mengusir batuk, cokelatnya harus lebih kental dari obat batuk biasa. Ini supaya cokelat dapat membuat otot lebih rileks sehingga dapat meredakan rasa gatal.

Meskipun telah terbukti lebih efektif untuk mengobati batuk, namun kebanyakan dokter belum berani menyarankan ini untuk para pasiennya. Ini karena cokelat dapat berlawanan dengan obat yang diresepkan dokter dan kebanyakan cokelat yang ada di pasaran mengandung gula yang terlalu berlebihan, sehingga ditakutkan bukannya sembuh tapi malah batuk semakin kronis.

(Visited 59 times, 1 visits today)