Tahukah Anda jika selama ini kita sering melakukan kesalahan dalam mencuci dot bayi? Padahal kebersihan botol susu bayi ini sangatlah vital bagi kesehatan bayi kita. 

Kesalahan Fatal Saat Mencuci Dot Bayi

Kesalahan fatal saat mencuci dot bayi – Dari demikian banyak penyakit yang rawan menyerang kesehatan si kecil, diare adalah satu diantara yang paling berbahaya.

Berdasar pada laporan dari WHO, tiap-tiap tahun ada 1,5 juta balita meninggal karena diare. Kenyataan ini yang lalu bikin diare jadi salah satu penyebab kematian paling berbahaya bagi anak-anak dan bayi.

Satu diantara penyebabnya diare pada bayi yang banyak terjadi selama ini adalah karena cara yang salah dalam mencuci dot bayi atau botol susu hingga mengakibatkan banyak virus serta kuman yang ketinggalan pada botol, yang selanjutnya bikin bayi sakit.

Supaya tidak salah dalam mencuci dot bayi Anda, yuk kita ketahui terlebih dahulu beberapa kesalahan fatal saat mencuci dot bayi seperti yang dijelaskan dalam halaman parent.guide di bawah ini.

Kesalahan Fatal Saat Mencuci Dot Bayi

Tidak Cuci Tangan

Mungkin saja tangan sebagai biang keladi dari penyebaran bibit penyakit. Sebab, kuman-kuman yang menempel atau terbawa oleh tangan bakal masuk ke botol susu si kecil serta bisa jadi bakal mengakibatkan penyakit untuk si kecil.

Tak Membersihkan Semuanya

Beberapa dari kita mungkin saja cuma memperhatikan bagian dalam dari dot bayi saja dan melewatkan bagian lainnya. Tahukah Anda, untuk mencuci dot bayi tak cukup bagian dalamnya saja, Anda mesti melepas setiap bagian dot dan membersihkannya satu per satu sampai benar-benar bersih dari kuman bakteri penyebabnya penyakit yang mungkin saja bersarang di bagian itu.

Kurang Telaten

Merendam botol dengan air panas saja tak membuat bakteri yang melekat pada dot bayi hilang. Walau jika dilihat sudah bersih, bisa jadi ada bagian tersembunyi yang kurang bersih hingga jadi sarang kuman serta bakteri untuk berkembang biak.

Tak Memakai Air Mengalir

Cuma merendam botol di dalam air akan tidak bikin semua kuman serta bakteri hilang dari dot bayi Anda. Yang ada, malah rutinitas itu bakal bikin kotoran melekat lagi.

Tetap Merendam Botol Sesudah Disterilisasi

Rutinitas ini bakal bikin sterilisasi botol jadi sia-sia, lantaran dengan tetap merendam dot bayi pada air yang telah dingin bakal bikin bakteri kembali serta melekat pada botol. Baiknya, selesai disterilisasi, tiriskan botol susu itu serta keringkan dengan lap lalu taruh botol susu dalam wadah plastik yang bersih.

Itulah kesalahan fatal saat mencuci botol dot bayi yang mungkin tidak sadar sering kita lakukan. Setelah ini, pastikan kita benar dalam mencuci dot bayi ya Herbalers, karena kesehatan bermula dari asupan yang Ia diskonsumsi.

(Visited 59 times, 1 visits today)