Setelah melahirkan kebanyakan kita tidak begitu memperhatikan program pengaturan kehamilan. Tidak menggunakan alat kontrasepsi saat melakukan hubungan intim dan akhirnya hamil lagi. Tahukah Anda jarak ideal untuk hamil lagi setelah melahirkan?

Jarak Ideal Untuk Hamil Lagi Setelah Melahirkan
Jarak Ideal Untuk Hamil Lagi Setelah Melahirkan

Jarak ideal untuk hamil lagi setelah melahirkan – Merencanakan untuk hamil atau mengandung anak janganlah disepelekan. Terlebih untuk Anda yang ingin segera memiliki anak lagi setelah melahirkan.

Kebanyakan kita setelah melahirkan tidak begitu memperhatikan proses pengaturan kehamilan. Banyak di antara kita tidak memikirkan penggunaan alat kontrasepsi saat melakukan hubungan intim setelah melahirkan. Kita berpikiran tidak akan hamil kalu cuma sesekali berhubungan intim setelah melahirkan.

Padahal seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis kandungan dari RSPI Pondok Indah, dr. Yassin Yanuar, SpOG, MSc dikutip dari halaman viva.co.id; “Bukanlah permasalahan apabila wanita yang baru melahirkan ingin selekasnya hamil lagi. Ini lantaran secara biologis tak lama sesudah wanita melahirkan dia sangat memungkinkan untuk segera hamil lagi”.

Tetapi, apabila memang Anda dan suami segera menginginkan hamil dan memiliki anak lagi, baiknya perhatikan beberapa faktor penting yang harus dipersiapkan. Di antaranya meliputi kesiapan fisik, psikis, serta ekonomi.

Jarak Ideal Untuk Hamil Lagi Setelah Melahirkan

Untuk hamil dan melahirkan lagi membutuhkan banyak persiapan, baik persiapan mental, fisik ataupun finansial. Karenanya butuh diketahui jarak ideal yang aman untuk hamil lagi setelah melahirkan.

Apabila Anda menginginkan segera hamil dan memiliki anak lagi setelah melahirkan, sebaiknya anak yang baru lahir dirawat dahulu sampai mencapai usia 3-5 tahun. Penuhi segala hak-haknya dalam pertumbuhan di usia balita. Selain penting untuk pertumbuhan anak, ini juga penting untuk menyiapkan semua suatu hal yang diperlukan saat hamil dan melahirkan lagi nanti.

Di samping mental serta ekonomi, faktor paling penting yang tak boleh diksesampingkan adalah masalah kesehatan fisik. Dalam hal ini kita perlu menengok kembali apakah sang wanita mempunyai riwayat penyakit saat hamil serta waktu melahirkan sebelumnya.

Tentu sangatlah berbahaya apabila wanita yang baru melahirkan langsung hamil begitu selesai masa nifasnya. Walau tak semuanya, beberapa wanita yang langsung hamil setetah melahirkan dapat alami masalah psikologis, seperti rasa terlalu kuatir, depresi, gampang marah sampai kehilangan nafsu makan.

Belum lagi bila sebelumnya melahirkannya dengan cara operasi caesar, sekurang-kurangnya memerlukan jeda minimum dua tahun apabila akan hamil lagi.

Dengan beragam argumen serta pertimbangan itu, dr. Yassin memberi anjuran jarak ideal yang untuk hamil lagi serta mempunyai anak, yakni minimum dua sampai 3 tahun dari waktu melahirkan sebelumnya.

(Visited 90 times, 1 visits today)