Sebagai orang yang lebih sering bekerja di depan monitor, maka duduk seharian sudah menjadi kebiasaan kita. Namun tahukah Anda bahaya duduk terlalu lama yang selau Anda kerjakan itu?

Duduk Terlalu Lama Dapat Beresiko Sakit Gula dan Kolesterol

Awas…! Duduk terlalu lama dapat beresiko sakit gula dan kolesterol – Merubah rutinitas keseharian, sekecil apapun itu nyatanya dapat bermanfaat besar pada kesehatan badan. Namun pastinya yang dirubah sudah pasti dari yang jelek jadi baik.

Bila Anda mempunyai permasalahan dengan gula darah, trigliserida serta cholesterol tinggi, itu tandanya telah waktunya Anda harus membiasakan diri untuk berdiri sekurang-kurangnya 2 jam setiap hari. Mengapa?

Studi yang dikerjakan di Inggris temukan kalau semakin banyak berdiri bakal tambah lebih sehat daripada cuma duduk atau malah tiduran sepanjang hari. Studi ini melibatkan 800 responden, hasilnya di ketahui bila berdiri dapat tingkatkan stabilitas gula darah, kurangi lemak serta cholesterol jahat dalam tubuh.

Manfaat Berdiri dan Bahaya Duduk Terlalu Lama

Diterangkan dalam laman www.womenshelathmag.com, dengan meluangkan waktu untuk berdiri sekitaran 2 jam setiap hari, maka bakal berdampak penting dalam menurunkan gula darah.

Setelah Anda membiasakan berdiri sekitar 2 jam dalam sehari maka paling tidak kadar gula darah Anda dapat turun sampai 2%, serta trigliserida (lemak yang mengalir didalam darah) bisa berkurang 11%, dan cholesterol baik dalam darah akan bertambah.

Untuk memulai dalam memperbanyak berdiri, Anda dapat membiasakan dengan sering-sering berdiri waktu bekerja di kantor. Umpamanya saat mengambil minum, Anda dapat mengambilnya ke pantry sendiri.

Waktu dirumah, Anda dapat juga kerjakan beberapa pekerjaan dengan berdiri. Umpamanya saja menyetrika baju sembari berdiri, mempersiapkan makanan di meja makan, atau membereskan beberapa barang di rack.

Dampak positif berdiri untuk kesehatan bakal makin bertambah apabila Anda menyeimbanginya dengan perbanyak jalan kaki.

Luangkan juga untuk lakukan latihan fisik sekurang-kurangnya 30 menit setiap harinya. Dengan begitu, maka tak sadar Anda telah perbanyak durasi berdiri dibanding duduk dalam satu hari.

Hasil studi ini sangat  sesuai dengan riset  yang pernah dikerjakan oleh American Cancer Society. Hasil pantauan kesehatan pada 123 ribu orang dalam waktu 14 tahun tunjukkan, jumlah wanita yang meninggal paling banyak adalah mereka yang duduk lebih dari 6 jam setiap harinya. Jumlahnya 40% lebih banyak dari pada mereka yang kurang dari itu.

Penyebabnya kematian orang yang terlalu lama duduk rata-rata akibat penyakit jantung, kegemukan, diabetes, serta depresi. Riset itu juga temukan makin lama seseorang duduk makin bertambah pula resiko terserang beragam penyakit.

Studi lain yang diterbitkan dalam The American Journal of Epidemiology temukan, bahwa terlalu lama duduk setiap harinya sama bahayanya dengan merokok. Karenanya, untuk kurangi resiko akibat kurang gerak dianjurkan lakukan sering-sering gerkan badan paling tidak 30 menit setiap harinya.

“Duduk itu baik bila dikerjakan kurun waktu yang tidak terlalu berlebih. Namun bila terlalu lama duduk atau berlebihan, maka ini adalah sangat berbahaya,” tutur Dr James Levine dalam Journal of Diabetes saat menuturkan hasil penelitiannya.

Itulah manfaat berdiri dan bahaya duduk terlalu lama bagi tubuh kita. So, mulai sekarang biasakan diri kita untuk lebih sering berdiri serta kurangi duduk terlalu ya Herbalers. Mudah-mudahan info ini berguna.

(Visited 30 times, 1 visits today)