Tak selamanya rambut yang lurus itu terbaik, untuk beberapa orang rambut keriting dapat membuat penampilan lebih menarik. Berikut tips membuat rambut keriting dan cara merawatnya.

cara-membuat-rambut-keriting-dan-cara-merawatnya

Cara Praktis Merawat dan Membuat Rambut Keriting

Rambut yang lurus dan panjang biasanya memang menjadi rambut ideal bagi banyak wanita, terutama di Indonesia. Tapi ternyata hal ini tidak sepenuhnya berlaku untuk beberapa orang.

rambut keritingBagi mereka, rambut lurus itu tidak terlalu mengesankan. Justru rambut yang keriting atau ikal yang menjadi perhatian mereka. Makanya, mereka pun tak segan-segan mengeriting rambut.

Memang, rambut yang keriting atau ikal memberikan pemandangan yang eksotis dan juga feminin. Terutama kalau Anda memiliki bentuk rahang yang tegas atau tajam, rambut keriting ini sangat bagus dalam menyamarkan hal tersebut. Wajah Anda terlihat lebih lembut karenanya.

Mau tahu trik untuk membuat rambut lurus Anda menjadi keriting? Cara yang paling umum biasanya menggunakan alat catok. Tapi kalau tak memilikinya, Anda bisa melakukan strategi ini:

Cara Praktis Membuat Rambut Keriting

Mengepang Rambut

Cara paling gampang dan aman untuk membuat rambut Anda jadi terlihat keriting atau ikal adalah dengan mengepangnya. Akan lebih bagus jika Anda melakukannya saat rambut basah dan biarkan kepangan selama semalam. Bukalah di pagi hari.

Roll Rambut

Mudah didapatkan di banyak toko dan juga gampang dipraktekkan. Cocok untuk membuat rambut menjadi bergelombang besar ataupun keriting kecil karena ukurannya yang beragam.

Supaya hasil maksimal, keramas dulu, pakai conditioner, keringkan, dan sisir rambut sampai rapi. Gulung per bagian rambut selama 3-4 jam.

Memakai Kaos Kaki

Percaya atau tidak, ternyata kaos kaki juga bisa dipakai untuk mengeriting rambut. Basahi rambut, ambil sebagian, lilitkan ke kaos kaki. Ikatkan ujungnya agar kaos kaki tak lepas. Lakukan ini dengan bagian rambut lainnya. Anda bisa menambahkan hairspray untuk memberikan hasil lebih alami.

Cepol Rambut

Keramaslah dan keringkan rambut sebentar dengan handuk, bagi menjadi dua bagian besar. Gelung tiap bagian rambut menjadi cepol dan ikat pakai karet. Diamkan sampai rambut kering atau biarkan semalaman.

Pakai Bando

Pilih bando yang elastis dan mengelilingi kepala. Bagi rambut jadi beberapa bagian, lilitkan ke bando, dan jepitlah dengan pin. Ulangi sampai semua bagian rambut melilit bando tersebut. Diamkan semalaman.

Cara Merawat Rambut Keriting

Kalau Anda sudah mendapatkan rambut keriting idaman Anda, rawat dengan cara ini:

  • Keramaslah 2 kali sehari dan jangan terlalu sering. Ini demi menjaga kelembaban rambut.
  • Kalau tidak keramas, pakai deep conditioner saat mandi, kemudian bilas sampai bersih.
  • Pakai masker rambut selama seminggu sekali supaya rambut Anda bertambah kuat.
  • Kalau rambut mulai kering, berikan conditioner di ujung rambut. Tak usah dibilas.

Itulah caranya agar Anda bisa mendapatkan rambut keriting serta cara merawatnya supaya rambut Anda yang keriting maupun bergelombang tetap indah. Lakukan ini kalau Anda ingin tampil beda dari pada biasanya.

(Visited 19 times, 1 visits today)