Cara Mencegah Alergi Pada Anak Dengan ASI EksklusifCara mencegah alergi pada anak dengan ASI eksklusif – Jumlah anak yang mengalami alergi di Indonesia makin bertambah akhir-akhir ini, serta menyebabkan efek negatif yang cukup penting.

Ini tentu jangan dibiarkan, kita harus lebih peduli dan turut berperan supaya anak-anak terutama anak kita jangan sampai menderita alergi. Karena kita tentu sudah tahu bagaimana bahayanya sebuah alergi, apalagi bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.

Cara mencegah alergi pada anak sebenarnya cukup gampang. Dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan, maka bayi kita akan terbebas dari masalah alergi.

Cara Mencegah Alergi Pada Anak Dengan ASI Eksklusif

Seperti di sampaikan Dokter Spesialis Anak dari RSCM, DR. dr. Zakiudin Munasir, Sp. A (K) yang dikutip dari liputan6.com, bahwa cara mencegah alegi paling simpel serta tepat yaitu dengan memberi ASI eksklusif sepanjang 6 bln pertama kehidupan.

Tetapi pada sebagian masalah, seperti umpamanya bayi tak dapat memperoleh ASI, anak baru dapat diberikan susu formula.

“Anak yang mengalami alergi dapat dikarenakan penyebab genetik serta lingkungan. Untuk mencegah alegi upayakan selalu berikan ASI eksklusif serta jaga kebersihan lingkungan. Namun pada keadaan ibu yang terpaksa tidak bisa memberi ASI eksklusif, Ia menyarankan untuk memberikan formula Hidrolisat Parsial Whey Serta Formula Hidrolisat Esktensif Kasein untuk kurangi resiko alergi,” kata Zakiudin waktu temu media tentang cara mencegah alegi .

Di lain pihak, Dokter spesialis Anak yang juga merupakan anggota Forum Nasional Sadar Alergi (ForNASA), Prof. dr. Sofyan Ismael, Sp. A (K) menyampaikan, penggunaan Formula Hidrolisat Parsial memberi palatabilitas atau rasa yang lebih baik serta lebih ekonomis dibanding dengan Formula Hidrolisat Ekstensif.

“Alergi bukan sekedar akan membebani keluarga dari sisi klinis, namun juga mempunyai efek negatif yang bisa memengaruhi kwalitas hidup serta beban ekonomi keluarga, bahkan sampai menjadi beban ekonomi negara juga, ” tukasnya.

Oleh karenanya jangan sampai kita rela dan membiarkan anak kita terkena alergi hanya karena rasa egois kita yang tak mau memberikan ASI eksklusif kepadanya. Padahal ASI eksklusif adalah hak anak dan kewajiban Ibu untuk memberikannya.

Sumber: liputan6.com

(Visited 38 times, 1 visits today)