Cara Membuat Sabun Herbal Sendiri

Cara membuat sabun herbal sendiri – Sebagai bahan yang dapat membantu untuk membersihkan berbagai hal dari kotoran, sabun memiliki peranan yang penting dalam kehidupan kita. Seperti deterjen atau sabun cuci yang untuk membersihkan baju kita dari kotoran, sampai sabun mandi yang kita gunakan untuk membersihkan tubuh kita.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta tidak menimbulkan bahaya, sabun diciptakan menjadi beberapa jenis yang berbeda. Sabun untuk mandi misalnya dibuat dari bahan yang lebih lembut supaya aman buat kulit.

Namun tahukah Anda bisa sabun mandi yang ada sekarang ini di pasaran masih banyak yang mengandung deterjen. Ini biasanya untuk sabun buatan pabrik yang memang bertujuan untuk menekan biaya produksi dan menghasilkan sabun dengan busa yang berlimpah.

Padahal jika kita tahu, deterjen yang terdapat dalam sabun itu dapat membahayakan kulit, terlebih bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Memang penggunaan deterjen dengan ambang tertentu bisa dikatakan aman, namun bila setiap hari dan terus menerus kita gunakan tentu itu bukanlah hal yang baik.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi cara untuk membuat sabun herbal sendiri. Dengan membuat sabun sendiri tentu kita menjadi yakin jika sabun yang kita gunakan benar-benar aman dan terbebas dari bahan yang berbahaya. Selain itu kita juga bisa membuat komposisi sabun sesua apa yang kita inginkan atau butuhkan.

Cara Membuat Sabun Herbal Sendiri

Membuat Sabun Herbal SendiriLangsung saja, untum membuat sabun pertama-tama siapkan dahulu perlengkapan keselamatan seperti sarung tangan, kacamata, serta masker. Janganlah lupa gunakan pakaian berlengan panjang waktu sistem pembuatan.

Lalu siapkan alat-alat penunjang seperti timbangan, wadah-wadah (pakai yang terbuat dari bahan plastik atau stainless steel), pengaduk, cetakan, serta mixer atau blender. Ingat, jangan pakai peralatan yang terbuat dari aluminium ya Herbalers.

Bahan yang perlu disiapkan :

  • Minyak Kelapa (coconut oil) 200 gr
  • Minyak Kelapa Sawit (palm oil) 300 gr
  • Minyak Jagung (corn oil) 200 gr
  • Air Suling/Aquades 200 gr
  • NaOH/Soda Api 100 gr
  • Adonan Tepung Beras Murni 300 gr (janganlah terlampau kental serta janganlah terlampau encer)
  • Minyak Aromaterapi 4 ml

Langkah pembuatan:

  1. Timbang dulu bahan sesuai sama daftar di atas.
  2. Pakai segera perlengkapan keselamatan Anda.
  3. Larutkan soda api ke air pada bejana. Larutkan dengan perlahan-lahan. Ingat! Janganlah pernah menuangkan air ke soda api, tuangkanlah soda api ke air. Dianjurkan pakai air dingin.
  4. Sesudah soda api larut di air, larutan bakal jadi panas. Diamkan sampai meraihagak dingin atau suhu ruang.
  5. Tuang ketiga macam minyak yang telah dipersiapkanke suatu bejana yang memiliki ukuran cukup besar. Campur dengan mixer atau blender sebentar.
  6. Sesudah larutan soda api dingin, tuang dengan cara perlahan-lahan ke kombinasi minyak tersebut.
  7. Campur memakai mixer dengan kecepatan tinggi.
  8. Campur sampai mengental atau mencapai tahap trace. Tahap trace yaitu ketika adonan telah mengental serta menimbulkan tanda atau bekas pada permukaannya bila disentuh sendok. Kekentalannya kurang lebih seperti mayones atau body lotion.
  9. Setelah sampai tahap trace, masukkan bahan aditif atau tambahan yang mau diberikan seperti adonan tepung beras serta minyak aromaterapi. Kemudian campurkan kembali menggunakan mixer sampai rata.
  10. Setelah adonan rata kemudian tuang ke cetakan. Anda bisa memakai cetakan berbentuk loyang atau yang berbentuk menarik lainnya.
  11. Diamkan adonan dalam cetakan sampai 24 jam.
  12. Sesudah 24 jam, adonan dan telah mulai mengeras, keluarkan adonan dari cetakannya.
  13. Tunggulah sampai 24 jam baru Anda potong sesuai sama selera.
  14. Diamkan sabun sepanjang minimum 3 minggu atau sebaiknya 4 minggu untuk saat curing. Sesudah saat curing selesai, Anda dapat cobanya untuk mandi.

Itulah beberapa bahan dan cara membuat sabun sendiri di rumah. Yang terpenting dalam membuat sabun itu adalah komposisi dasar yaitu aneka minyak serta NaOH. Bahan tambahan hanya untuk menentukan tujuan atau khasiat yang akan diperoleh dari sabun yang kita buat.

Penggunaan NaOH dalam pembuatan sabun herbal itu wajib dan tidak berbahaya bagi sabun yang dihasilkan. Karena NaOH atau soda api merupakan hasil elektrolisis larutan garam. Justru sabun yang tidak menggunakan senyawa ini dalam komposisinya adalah sabun yang berbahaya, karena bisa jadi itu merupakan sabun sintetis yang terbuat dari bahan kimia.

Semoga bermanfaat ya Herbalers.

Banyak dicari:
cara membuat sabun muka, cara buat sabun muka, cara membuat Sabun herbal, cara membuat sabun muka alami, cara membuat sabun mandi herbal, cara membuat sabun wajah, cara membuat sabun muka sendiri, cara membuat sabun muka herbal, cara membuat sabun beras, https://herbal-id com/cara-membuat-sabun-herbal html, cara buat sabun muka homemade, cara membuat sabun wajah alami sendiri, cara buat sabun muka sendiri, cara buat sabun, cara buat sabun beras, cara buat sabun susu beras, membuat sabun muka sendiri, cara membuat sabun Batang herbal, cara membuat sabun sendiri, cara membuat sabun wajah herbal, cara membuat sabun wajah sendiri, cara buat sabun herbal, cara membuat sabun alami untuk wajah, cara membuat sabun alami, buat sabun muka sendiri, cara membuat sabun muka dari bahan alami, cara membuat sabun susu beras, cara pembuatan sabun herbal, cara membuat sabun sendiri di rumah, resep sabun herbal
.
(Visited 1.877 times, 1 visits today)