Ibu menyusui dengan ASI yang cuma keluar sedikit membuat kebutuhan bayi tidak terpenuhi. Berikut penyebab keluar sedikit dan cara melancarkan ASI

Penyebab Keluar Sedikit dan Cara Melancarkan ASI

Penyebab Keluar Sedikit dan Cara Melancarkan ASI

Memberikan ASI atau Air Susu Ibu kepada anak Anda yang masih bayi adalah pilihan yang sangat tepat. Di masa-masa awal kehidupan si kecil, mereka memang cukup mendapatkan nutrisi dari ASI dan masih belum perlu makanan yang lainnya. Dengan ASI eksklusif selama minimal 6 bulan, daya tahan bayi akan meningkat.

Namun yang menjadi masalah adalah, tidak semua ibu menyusui mampu menghasilkan ASI yang cukup. Bahkan tidak jarang juga ada ibu yang produksi ASI-nya semakin sedikit, membuat sang bayi harus diberikan susu formula lebih awal.

Ini merupakan hal yang sebenarnya dialami oleh banyak ibu-ibu yang baru melahirkan. Jadi Anda yang mengalami hal sama tak perlu minder. Beberapa penyebabnya antara lain adalah:

Penyebab ASI Keluar Sedikit atau Tidak Lancar

  1. Masalah Hormon

Kalau hormon sang ibu terlalu rendah, kadar tiroid terlalu tinggi, atau mengalami masalah kesehatan lain yang mempengaruhi hormon seperti diabetes dan hipertensi, maka ini juga mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi.

  1. Pernah Operasi Payudara

Ketika payudara ibu pernah dioperasi untuk alasan kesehatan atau kecantikan, ataupun mengalami piercing, produksi ASI akan terpengaruh. Terutama kalau hasilnya melukai payudara. Meskipun demikian, semakin lama jarak operasi, seharusnya tak ada masalah.

  1. Karena Alat Kontrasepsi

Bisa jadi, ibu menggunakan alat kontrasepsi yang sifatnya hormonal sehingga mempengaruhi kondisi tubuh saat memproduksi ASI. Jadi cobalah berhenti sementara mengkonsumsi pil KB dan lihat hasilnya.

  1. Jarang Menyusui Bayi

Ternyata jarang menyusui bayi juga membuat produksi ASI terganggu. Payudara jadi jarang kosong, sehingga tidak ada ASI baru yang diproduksi. Hormon prolaktin yang diperlukan dalam produksi ASI jadi berkurang.

Karena kondisi badan setiap ibu berbeda-beda, penyebabnya bisa jadi karena kombinasi hal-hal di atas, dan tidak hanya satu saja.

Cara Melancarkan ASI

Solusinya agar produksi ASI bisa semakin banyak di antaranya adalah:

  1. Sering Menyusui, Terutama Malam Hari

Semakin sering payudara kosong dari ASI, semakin sering pula ASI diproduksi. Karena itu, susui bayi tiap 2-3 jam. Hormon prolaktin terutama sangat banyak diproduksi di malam hari.

  1. Memijat Payudara

Melakukan pijat dan senam payudara bisa meningkatkan produksi ASI, sekaligus juga membantu menjaga bentuknya.

  1. Menjaga Makan dan Minum

Minum air putih 10-12 gelas sehari, menghindari alkohol serta kafein, dan sering makan sayur dan buah adalah kuncinya. Anda terutama harus rajin makan sayuran hijau, sayuran merah, labu, adas, maupun jinten hitam.

  1. Istirahat Cukup

Seorang ibu juga harus mendapatkan istirahat cukup 7-8 jam sehari demi menghasilkan ASI yang maksimal.

  1. Hindari Stress

Mencoba menjalani hidup dengan lebih santai, bersyukur, dan berpikir positif bisa membantu Anda sendiri menyesuaikan diri dengan kehidupan baru Anda bersama bayi. Badan yang lebih rileks tersebut akan mampu memproduksi ASI yang diperlukan dengan lebih baik.

Banyak dicari:
asi tidak lancar penyebab kb
.
(Visited 20 times, 1 visits today)