Segala sesuatu di dunia ini jika berlebihan pastilah tidak bagus, tak terkecuali teh hijau. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun minum teh hijau berlebihan juga berbahaya untuk tubuh.

Bahaya Minum Teh Hijau Terlalu Berlebihan

Bahaya minum teh hijau terlalu berlebihan – Green tea atau teh hijau merupakan minuman kesehatan yang banyak di kenal karena khasiatnya yang dapat tingkatkan daya tahan tubuh serta mempunyai anti-oksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Teh yang berasal dari Jepang itu banyak disebut-sebut sebagai minuman paling sehat sedunia. Namun apakah benar jika teh hijau benar-benar sehat dan tanpa efek samping?

Bahaya Minum Teh Hijau Terlalu Berlebihan

Suatu kasus karena minum teh hijau pernah terjadi di Amerika Serikat. Peristiwa itu dialami seseorang remaja berusia 16 tahun yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah minum 3 cangkir teh hijau dalam sekali waktu.

Mike Roussell, Ph. D, seseorang pakar nutrisi kemudian menyampaikan pendapat jika kandungan tannin dalam teh hijau dapat menghalangi penyerapan zat besi pada sistem pencernaan manusia.

Ini berarti, apabila minum teh hijau dengan dosis tinggi maka badan dapat kekurangan zat besi non-heme. Zat besi non-heme di sini yang dimaksud adalah zat besi yang berasal dari tumbuhan. Dan tubuh masih dapat menyerap zat besi dari sumber makanan yang bukan dari tumbuhan, misalnya daging.

Namun yang menjadi masalah adalah karena kebanyakan orang minum teh hijau lantaran ingin kurus. Dan kebanyakan dari mereka pasti enggan mengkonsumsi daging dalam jumlah yang cukup apalagi banyak. Karena makan daging identik membuat tubuh kita menjadi gemuk.

Jika Anda memang minum teh hijau untuk tujuan menurunkan berat badan, maka sebaiknya minumlah pagi hari sebelum sarapan. Karena jika minumnya saat perut kosong sangatlah baik untuk menurunkan berat badan. Tetapi bagi Anda yang memiliki masalah dengan perut yang sensitif atau mudah diare, maka sebaiknya minum setelah sarapan saja.

Meskipun memiliki efek negatif terhadap tubuh, namun teh hijau masih jauh lebih baik dari pada minuman lain seperti kopi. Ini karena kandungan kafein dalam teh hijau tidak memicu percepatan detak jantung serta perut kembung.

Itulah bahaya minum teh hijau terlalu berlebih. Meskipun banyak memiliki manfaat untuk tubuh, namun kita tidak boleh sembarangan dalam meminumnya. Karena apapun di dunia ini jika berlebihan pastilah tidak bagus.

(Visited 66 times, 1 visits today)