Semakin banyaknya air minum kemasan galon isi ulang, ini tentu membuat kita semakin mudah dalam memilih air minum yang berkualitas. Namun, tahukah Anda tentang bahaya air minum isi ulang yang tidak steril?

Ilustrasi Galon Isi Ulang
Ilustrasi Galon Isi Ulang

Bahaya minum air galon isi ulang – Memasak air yang bakal diminum sudah jadi kebiasaan yang dikerjakan umumnya orang pada jaman dahulu. Hal semacam ini karena umumnya sumber air dari sumur air tanah yang harus dimasak terlebih dulu supaya kuman yang ada di dalamnya mati serta tak mengakibatkan penyakit.

Tetapi seiring degan perkembangan jaman, sekarang ini telah hadir air minum dalam kemasan yang semakin banyak disukai lantaran tak perlu dimasak lagi serta dapat diminum langsung. Selain itu, banyak juga air minum dalam kemasan yang dapat di isi ulang dengan harga yang relatif lebih murah.

Namun, apakah air galon isi ulang itu baik untuk kesehatan? Inilah penjelasannya seperti diambil dari halaman DokterSehat.com :

Bahaya Minum Air Galon Isi Ulang

Rawan Bahaya Kuman serta Bakteri

Air galon isi ulang nyatanya dapat memberi efek kurang baik terhadap kesehatan. Walau banyak penyedia air minum kemasan galon isi ulang yang mengklaim bila air sudah disterilisasi serta menggunakan tehnologi penyaring terbaru, air itu nyatanya cukup rawan memperoleh pencemaran dari kuman atau bakteri. Ini biasanya karena kurang terjaminnya kebersihan galon dan area penolahannya.

Sebagai contoh, kita dapat lihat sikat pembersih galon yang juga dipakai untuk bersihkan galon yang lain. Hal semacam ini sudah pasti bakal bikin kuman serta bakteri dari galon yang disuci sebelumnya dapat masuk ke dalam galon berikutnya.

Lagipula, kebanyakan depot pengisian air minum galon isi ulang juga hanya membersihkan galon dengan air biasa. Hal semacam ini sudah pasti perlu dipertanyakan tingkat kesterilan dari depot air minum itu.

Tempat depot air minum kemasan galon isi ulang kebanyakan berada di tepi jalan, ini pasti sangat beresiko polusi, debu, serta beragam bakteri dan kuman. Hal semacam ini tentu menjadi semakin banyak yang perlu kita pertanyakan lagi.

Sumber Air

Selain itu, coba anda cari tahu dari tempat mana sumber air minum itu, apakah datang dari air kemasan lain yang bermerek atau malah dari pabrik yang belum dapat dicek kebersihan serta kesterilannya.

Air minum kemasan galon isi ulang yang tidak steril berisiko membawa beragam jenis bakteri serta kuman seperti bakteri e-coli atau bahkan juga salmonela yang dapat membawa permasalahan kesehatan untuk badan.

Bila anda menyayangi tubuh anda, sebaiknya pastikan lagi kebersihan dan kualitas air yang selalu Anda minum sehari-hari. Jangan ragu untuk membeli air minum dengan harga yang lebih mahal, karena tentu tidak semua air galon isi ulang tidak baik, atau merebusnya kembali sampai mendidih jika belum dapat dipastikan kesterilan air yang akan Anda minum.

(Visited 89 times, 1 visits today)