Di balik kepraktisan dan hasilnya yang instan, panas yang timbul saat mencatok rambut ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan & kecantikan rambut.

Bahaya Mencatok Rambut
Bahaya Mencatok Rambut

Awas..! Hati-hati bahaya mencatok rambut – Mencatok rambut memanglah dapat jadi jalan keluar instan untuk bikin rambut lebih rapi serta lurus. Memang rambut yang lurus dan rapi bakal peroleh, namun ketahulilah Herbalers, hasil indah itu hanya sesaat saja. Ini lantaran keadaan sesungguhnya rambut Anda akan mengalami kerusakan akibat catokan itu.

Seperti yang dikutip dari halaman www.huffingtonpost.com, dermatolog Dr. Jessica Krant, M.D., M.P.H dan Elizabeth Cunnane Phillip seorang pakar rambut serta kulit kepala, menuturkan beberapa efek negatif atau bahaya mencatok rambut. Di samping itu, Ia juga memberi tips untuk menghindarkan terjadinya rusaknya rambut akibat catokan.

Bahaya Mencatok Rambut

Rambut Terbakar

Sama halnya dengan kulit, rambut dapat juga terbakar. Apabila Anda menjumpai warna rambut menjadi kuning, terlebih dibagian bawah rambut, itulah pertanda rambut Anda terbakar.

Dr. Krant menjelaskan, kalau susunan rambut yang sehat mempunyai pori-pori, air serta udara yang dapat masuk ke medulla hingga bisa pancarkan kilau rambut dari dalam.

Langkah paling baik menangani rusaknya rambut akibat kerap mencatok yaitu dengan memotongnya. Serta, saat rambut baru telah tumbuh baiknya janganlah terus-terusan terkena dengan alat styling.

Rontok

Janganlah meremehkan rambut yang rusak, sebab jaringan di folikel yang telah terlanjur rusak bakal susah sembuh. Bahkan juga menurut Dr. Krant, rambut yang rusak lantaran alat catok, hair dryer serta product styling seperti hair spray bisa menyebabkan rambut jadi rontok serta susah untuk tumbuh kembali.

Rambut Kering

Alat catok yang panas bakal menyerap kelembapan yang menyebabkan rambut jadi kering. Untuk hindari rambut jadi kering serta kusam, Phillip merekomendasikan supaya kita pilih alat catok yang pas.

“Alat catok paling baik yaitu alat catok yang dilapis dengan teflon. Di samping itu, janganlah lupa membuat perlindungan rambut dengan vitamin atau serum sebelumnya serta setelah Anda mencatok rambut, ” tutur Elizabeth.

Rambut Makin Rusak Apabila Dicatok Waktu Basah

Dr. Krant memperingatkan tidak untuk mencatok saat rambut masih dalam kondisi basah. Bila rambut yang belum kering terkena panas bakal menyebabkan rambut jadi patah serta pecah-pecah. Jadi sebelum Anda mencatok rambut pastikan sudah betul-betul kering untuk menghindarkan rusaknya rambut jadi makin kronis.

Itulah beberapa bahaya mencatok rambut terhadap kesehatan dan keindahan rambut kita. So, jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat dan indah dalam jangka panjang baiknya jangan terlalu sering rambut Anda dicatok ya.

Banyak dicari:
bahaya mencatok rambut
.
(Visited 327 times, 1 visits today)