Banyak di antara kita merasa belum makan jika belum makan nasi, oleh karenanya meskipun sudah mengandung kalori tinggi, kita sering makan mie instan dengan nasi.

Bahaya Makan Mie Instan dengan Nasi

Bahaya Makan Mie Instan dengan Nasi – Beberapa di antara kita ada yang menanggap bahwa belum makan bila belum menyantap nasi. Serta terkadang ada pula yang menyantap nasi yang digabung dengan mie instan.

Rasanya yang enak serta strukturnya yang kenyal bikin banyak orang jatuh hati pada mie instan. Ini yang kemudian banyak orang yang makan mie instan dengan nasi.

Namun masalahnya, tahukah Anda bahwa di balik enaknya mengkonsumsi mie instan dengan nasi ternyata kurang bagus untuk kesehatan, apalagi bila makannya terlalu sering atau bahkan terus-terusan.

Bahaya Makan Mie Instan dengan Nasi

Dalam sebungkus mie instan biasanya mengandung sekitar 310 kalori atau setara dengan sepiring nasi komplit dengan lauk pendukung. Jadi bila kita makan satu bungkus mie instan dengan sepiring nasi maka kalori yang kita konsumsi sekitar 600-700 kalori.

Meskipun keperluan kalori harian kita sekitar 2000, namun bila terus-terusan makan mie instan dengan nasi maka badan kita akan beresiko semakin melar. Kandungan garam serta MSG dalam mie instan yang tinggi juga dapat berdampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Peneliti pernah dilakukan di Amerika Serikat tentang dampak apabila makan mie instan 3 sampai 4 kali dalam sepekan. Pemimpin riset itu, Dr Shin, mengatakan bahwa mengkonsumsi mie instan secara rutin bisa meningkatkan kemungkinan terkena sindrom kardiometabolik.

Di samping mengandung pengawet, mie instan ini juga banyak mengandung unsur kimia yang termasuk Bisphenol A. Unsur ini yang dapat menganggu langkah kerja hormon. Karenanya dia mengimbau supaya tak terus-terusan mengkonsumi mie.

Bila memanglah Anda tetap ingin makan mie instan, sebaiknya dibatasi satu atau dua minggu sekali saja atau dimakan dengan dengan sumber protein, serat serta vitamin lain seperti sayuran, telur atau daging, jangan malah dengan nasi. Anda juga sebaiknya kembali mengecek apakah mie instan yang kita konsumsi telah sesuai strandar SNI atau belum.

(Visited 45 times, 1 visits today)