Wajarkah bila anak umur 1,5 tahun belum dapat mengucapkan kata? Ataukah ini termasuk kategori anak yang terlambat bicara ?

Anak Terlambat Bicara? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebagai info pembuka, setelah memasuki usia 1,5 bulan maka anak yang normal paling tidak harus sudah dapat mengatakan minimum 5 kata dengan cara berkelanjutan seperti memanggil ibu, ayah, ini, itu, apa, tidak. Waktu masuk umur 2 th. anak telah dapat merangkai kata simpel.

Anak Terlambat Bicara? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Seseorang anak dikelompokkan terlambat bicara bila usia anak telah meraih 2 atau 3 th namun belum dapat juga bicara dengan lancar atau cuma dapat mengatakan potongan kata saja.

Anak yang alami keterlambatan bicara sesungguhnya mempunyai sosial-emosional serta perubahan intelegensi yang normal seperti anak yang lain. Berdasarkan data dari halaman doktersehat.com, permasalahan anak terlambat bicara dihadapi 5-10 % anak-anak umur prasekolah, serta seringkali dihadapi anak lelaki daripada perempuan.

Penyebab Anak Terlambat Bicara

Telambat bicara pada anak dapat dikarenakan beragam aspek, diantaranya :

Alami Kendala Pendengaran

Apabila anak alami gangguan dalam pendengaran, maka automatis mengakibatkan anak menjadi bermasalah untuk mengikuti, mengerti, serta mengucapkan kata. Permasalahan pendengaran pada anak umumnya dikarenakan ada infeksi telinga.

Kendala Pertumbuhan Otak

Ada masalah pada daerah oral-motor di otak menyebabkan permasalahan pada daerah otak yang menyebabkan anak sulit bicara. Hingga keadaan ini bisa mengakibatkan anak kesusahan memakai bibir, lidah, serta rahang untuk berucap kata.

Permasalahan Keturunan

Keterlambatan bicara dapat juga di pengaruhi oleh aspek keturunan. Walau belum ada riset yang dapat menunjukkan kebenarannya, namun umumnya anak yang terlambat bicara nyatanya banyak yang mempunyai kisah keluarga yang alami masalah yang sama.

Minimnya Komunikasi

Hubungan serta komunikasi pada orang-tua dengan anak dapat merangsang anak untuk perbanyak kosakatanya. Sayangnya, sebagian orang-tua tak mengerti bila langkah berkomunikasi mereka punya pengaruh pada perubahan anak.

Sering Nonton Televisi

Anak yang terlalu sering tv bakal jadi pendengar yang pasif, anak cuma melihat dan mendengar tanpa ada mesti mengolah info yang masuk. Menonton tv dapat juga bikin anak jadi traumatis lantaran melihat tayangan yang diisi adegan perkelahian, kekerasan, serta seksual.

Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Bila orang tua telah mengerti ada tanda-tanda terlambat bicara pada anak, jadi baiknya kerjakan hal di bawah ini :

  1. Segera bawa anak ke dokter atau psikolog untuk konsultasi mengenai tumbuh kembangnya. Bicarakan pada beberapa pakar mengenai tumbuh kembang anak serta kemampuan apa sajakah yang telah dapat dikuasainya.
  2. Berikanlah anak peluang untuk berhubungan serta bermain dengan rekan-rekan sepantarannya. Aktivitas ini dapat berikan motivasi anak untuk belajar bicara lantaran bermain dengan anak-anak yang lain memerlukan kekuatan komunikasi verbal.
  3. Ibu dapat merangsang anak dengan mengajaknya berkomunikasi walau anak belum dapat bicara dengan baik. Ibu dapat mengajak anak untuk membacakan dongeng serta bernyanyi.
  4. Mengajarkan kata pada anak dengan pengucapan yang pasti. Upayakan anak lihat gerakan bibir Anda saat mengatakan kalimat itu. Umpamanya, susu bukanlah cucu, minum bukanlah mik atau num, makan bukanlah maem atau mamam.

Itulah beberapa penyebab anak terlambat bicara dan cara-cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasinya. Mengingat pentingnya tumbuh kembang anak, maka kita harus senantiasa memperhatikannya agar anak dapat tumbuh dengan lancar sebagaimana mestinya.

Banyak dicari:
penyebab terlambat bicara dan penanganannya
.
(Visited 72 times, 1 visits today)