5 Makanan Yang Pantang di Makan Ibu Hamil5 makanan yang pantang di makan ibu hamil – Wanita hamil kudu mesti betul-betul memerhatikan tiap-tiap makanan serta obat-obatan yang dikonsumsi. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk meyakinkan keperluan gizinya terpenuhi dengan baik serta menjauhkan sebagian makanan yang bisa mengakibatkan permasalahan pada janin.

Perluuntuk diingat bahwa tiap-tiap makanan serta minuman yang dikonsumsi ibu hamil bisa memengaruhi kesehatan serta perubahan janin. Di bawah ini yaitu daftar makanan yang pantang di makan waktu hamil :

5 Makanan Yang Pantang di Makan Ibu Hamil

Makanan mentah atau 1/2 matang

Konsumsi sushi, sashimi, daging mentah, sosis, daging cincang, kerang mentah, telur berisiko terserang toksoplasmosis.

Toksoplasmosis adalah infeksi yang dikarenakan oleh parasit yang bisa diketemukan pada daging, tanah, tinja kucing, serta air yg tidak bersih. Toksplasmosis waktu hamil bisa mengakibatkan keguguran serta kelainan pada janin (hidrosefalus, kebutaan, tuli).

Makanan yang pantang di makan oleh ibu ketika hamil yaitu telur mentah atau setengah matang. Telur mentah atau 1/2 masak bisa mengakibatkan keracunan bakteri Salmonella Enteriditis, gejalanya berbentuk diare serta muntah. Mayones, mousse, tiramisu, es cream, serta sebagian tipe saus salad juga di buat dari telur mentah.

Keju lunak

Keju lunak di buat dari keju yg tidak dipasteurisasi serta bisa mengakibatkan infeksi bakteri Listeria yang beresiko untuk ibu serta janin. Misal keju lunak yaitu : parmesan, feta, blue cheese, panela serta mozzarella. Jauhi tipe keju itu walaupun di kemasan terdapat tulisan “sudah dipasteurisasi “.

Makanan laut yang memiliki kandungan merkuri

Makanan laut adalah sumber protein serta omega-3 yang sangatlah baik, tetapi ada yang berpotensi bahaya lantaran memiliki kandungan merkuri. Ikan yang memiliki ukuran besar umumnya mempunyai kandungan merkuri semakin banyak.

Food and Drug Association merekomendasikan tidak untuk konsumsi ikan hiu, makarel, ikan todak, tuna, marlin, tilefish, serta swordfish ketika hamil. Tetapi bukanlah bermakna ibu hamil membatasi makan ikan yang paling prnting yaitu pilih jenis ikan.

Buah serta Sayuran yang Tak Dicuci

Cucilah buah serta sayur yang bakal dikonsumsi untuk mengeliminasi bakteri serta parasit beresiko (listeria serta toksoplasma).

Terlebih untuk :
Tipe kecambah (seperti tauge),
kacang-kacangan,
serta lobak baiknya dimasak sampai masak.

Kurangilah semua resiko yang ada dengan memasak matang makanan yang ada.

Cafein & Alkohol

Kopi, teh, soft drink, minuman penambah energi bisa tingkatkan resiko keguguran serta berat tubuh bayi rendah. Riset ini memang masih pro-kontra, tetapi mengkonsumsi cafein baiknya dibatasi tak melebihi 200 mg/hari.

Mengkonsumsi alkohol waktu hamil bisa mengakibatkan cacat kongenital, kelainan jantung, serta retardasi mental pada janin. Tak ada dosis alkohol yang dapat dibuktikan aman dikonsumsi waktu hamil. Langkah paling baik yaitu tak mengonsumsinya sekalipun.

 Itulah 5 makanan yang pantang di makan ketika hamil. Ada baiknya hindari makanan2 di atas keika hamil untuk menghindari resiko kemungkinan yang ada.

(Visited 38 times, 1 visits today)